UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SECARA DARING MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 014741 BOGAK KECAMATAN TANJUNG TIRAM

Rubbiyanti Rubbiyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara daring, faktor-faktor kesulitan belajar siswa secara daring dan upaya bimbingan kelompok  secara daringdalam mengatasi kesulitan belajar pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 01471 Bogak Kecamatan Tanjung Tiram Batu Bara. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualititatif dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran  2020/2021.  Analisis data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh peneliti di Sekolah Dasar (SD) Negeri 01471 Bogak Kecamatan Tanjung Tiram Batu Bara. Selanjutnya, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling dan seluruh  siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 01471 Bogak Kecamatan Tanjung Tiram Batu Bara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara daring sudah berjalan cukup baik. Upaya bimbingan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar secara daring dengan  cara menumbuhkan motivasi belajar siswa secara daring dengan langkah-langkah dilakukan  guru melalui kegiatan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan pendekatan yang humanis.  

Keywords


Kesulitan Belajar Secara Daring; Layanan Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Hallen, A. (2015). Bimbingan dan Konseling. Kertamukti: Quantum Teaching.

Narti, Sri. (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prayitno. & Erman, Anti. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.

Prayitno. (2013), Panduan Bimbingan dan Konseling. Jakarta :Depdikbud. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sukardi Dewa ketut dan Kusmawati Desak P.E. Nila. (2008). Proses Bimbingan dan konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsuddin, Abin. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT RemajaRosda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rubbiyanti Rubbiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.