EFEKTIVITAS KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKONOMI KESEHATAN

Imamul Khaira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi  edukatif dalam pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19  terhadap semangat belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Kesehatan pada mahasiswa semester III Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Haji Sumatera Utaraa. Penelitian ini dilakukan  pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdsarkan analisis data diperoleh hasil r hitung sebesar 0,724 lebih besar dari nilai r pada tabel yaitu sebesar 0,724 > 0,349 dari nilai r product momen. Dari hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat efektifitas komunikasi edukatif terhadap terhadap semangat belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring  di masa  Pandemi Covid-19 matakuliah Ekonomi Kesehatan mahasiswa semester III Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Haji Sumatera Utara.


Keywords


Komunikasi Edukatif dalam Pembelajaran Daring; Pandemi Civid 19; Semangat Belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Affizal dan Rafidah. (2019). Teacher – Student Attachment and Teachers’s Attitudes Towards Work. Jurnal Pendidik dan Pendidikan. Volume. 24.

Agus M. Hardjana. (2013). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal, Yogyakarta: Kanisius.

Aloliliweri (2014) Wacana Komunikasi Organisasi, Cetakan Pertama., Bandung: Mandar Maju.

Atmadi. (2010). Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.

Djamarah. (2017). Guru dan Anak didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rieneka Cipta.

Fudyartanto, R.B.S. (2012). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Harris, Robert. (2012). Mahasiswa Bermasalah. Cara Meningkatkan Semangat Belajar Mereka. http://motivasibelajarmahasiswa.blogspot.com/2012/08/mahasiswa-bermasalah-cara-meningkatkan.html. ( Diakses pada tanggal 12 Januari 2021).

Kristiandi, 2019. Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Sense of Humor Guru Dengan Motivasi Belajar di Kelas 7 Internasional Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Medan. Diakses dari http://respository.usu.ac.id.

Ponijan Liaw (2014), Komunikasi yang Berhasil, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Pujiastuti Shintya. 2019. Pentingnya Pertanyaan dalam Proses Pembelajaran. Diakses dari : http://www.sd-binatalenta.com/arsipartikel/artikel_tya.pdf

Rakhmat Jalaluddin, 2018. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Somantri, N.M. (2010). Menggagas Pembaharuan IPS. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono (2013), Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ke Empat, Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yustiana Yusi Riksa, Proses Interaksi Dosen dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran (Tinjauan Psikologi Pendidikan). Dikses dari : http://www.rezaevani.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andra M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.