EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DIKELAS VII.C SMP NEGERI 1 MUARA RUPIT

Dian Agustin

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PPKn diKelas VII.C SMP Negeri 1 Muara Rupit dengan penerapan metode pembelajaran diskusi dengan media mind map. Penelitian tindakana kelas ini dilaksanakan selama tiga siklus. Pada siklus pertama telah menunjukkan aktifitas peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa walaupun belum cukup signiofikan. Hasil belajar siswa rata-rata hanya mencapai 70,32 dengan prosentase ketuntasan 64,28%. Pada siklus kedua, dilihat dari prosentase kelulusan. Sudah mengalami peningkatan yang signifikan namun rata-rata hasil belajar siswa masih belum optimal yakni 75,78. Pada siklus ketiga motivasi dan hasil belajar siswa sangat meningkat, dilihat dari prosentase kelulusan yang mencapai 100% serta rata-rata hasil belajar siswa yakni 80,03.  Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dengan media mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi Proses perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar Negara dikelas VII.C SMP Negeri 1 Muara Rupi.

Keywords


Metode Diskusi; Media Mind Map; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bobbi DePorte & Mike Hernacki. (2000) Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung.

Danial, Endang AR., Dr. H. M.Pd. (2003) Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat PLP, Dirjendikdasmen, Depdiknas. Jakarta.

Depdiknas. (2003) Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta.

Hasibuan dan Moedjino. 1996. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Hidayat, Kosadi, dkk.. 1987. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Malang: UM Press

Silberman, Melvin L (2002). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran. Yappendis. Yogyakarta

Sudirman, dkk. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV.

Sudjana. 1992. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Wiriaatmadja, Rochiati, Prof.Dr. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PPS UPI dan Remaja Rosdakarya; Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.