UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUMUSAN DASAR NEGARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VII.A SMP NEGERI PAUH

Septarina Septarina

Abstract


Sekolah memiliki tanggung jawab dan peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan warga Negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).  Kondisi rendahnya hasil belajar siswa tercermin pada siswa VII SMP Negeri Pauh. Hal itu dapat diketahui melalui rata-rata ulangan harian siswa yang dilakukan pada materi proses perumusan pancasila sebagai dasar negara. Model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model pembelajaran dimana guru menggunakan alat bantu seperti media gambar untuk menerangkan sebuah materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar.  Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas VII.A SMP Negeri Pauh, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Hasil tes siklus 1 dan 2 menunjukkan telah terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sistem hukum dan peradilan nasional di banding dengan awal tindakan yaitu 53.57% siswa yang mencapai kreteria ketuntasan minimal atau sebanyak 13 orang siswa. Sedangkan pada pelaksanaan siklus 1 yaitu 71.42 % atau sebanayak 20 orang siswa telah memperoleh nilai lebih besar dari 62 ( KKM). Pada siklus 2 ini meningkat menjadi 92.85% atau sebanyak 26 orang siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% sehingga tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. A SMP Negeri Pauh.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif; Picture and Picture; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK Cetakan IV. CV. YRAMA WIDYA : Bandung.

Budiyanto. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VII. Jilid 1 Penerbit ERLANGGA

Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar Bekal Keterampilan Dasar bagi Guru Cetakan I. CV. YRAMA WIDYA : Bandung.

Igak Wardhani, dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Edisi ke-1 Cetakan ketujuh. Universitas Terbuka. Jakarta

Sagala, Syaiful, 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran Cetakan ke-9. CV. ALFABETA. Bandung

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media : Jakarta.

Sri Jutmini dan Winarno. 2010. Pendidikan kewarganegaraan untuk Kelas VII SMP dan MTs Semester 1. PT. TIGA SERANGKAI

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan ke-14. CV.ALFABETA. Bandung




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v2i1.4473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Septarina Septarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License