PERAN ORANG TUA DALAM BERKOMUNIKASI MEMBENTUK KEDISIPLINAN ANAK DI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA

Sapta Kesuma, Indah Purnama Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga. Bagaimana peran orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga, Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhanbatu Utara dan Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga,Faktor yang mempengaruhi orang tua membentuk kedisiplinan anak. Menurut Sugiyono (2016), metode deskriptif kualitatif adalah metode penelitia yang berdasarkan pada filsafat postpositivesme di gunakan untuk peneliti pada kondisi objek yang alamiah. Berdasarkan pengertian di atas maka peneliti mengambil metode deskriptif kualitatif. Mengenai objek yang dibicarakan sesuai kenyataan yang terjadi pada masyarakat khususnya orang tua dan anak pada masyarakat dusun simpang siranggong. Komunikasi orang tua dalam membentuk kedisiplinan anak memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Artinya, semakin sering orang tua memberikan komunikasi yang baik kepada anaknya maka orang tua memiliki tugas penuh dalam mendidik, mengasuh, dan membimbing anak agar menjadi kepribadian yang baik di dalam keluarga mau pun diluar (masyarakat). Dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang Dihadapi Orang Tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak desa Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec. Kualuh Selatan kab. Labuhanbatu Utara, yaitu latar belakang orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam membentuk perilaku disiplin anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan keadaan rumah yang kurang nyaman hal ini bias didasari jumlah anggota keluarga sehingga orang tua sulit dalam membentuk perilaku disiplin terhadap anak-anak mereka.


Keywords


Orang Tua, Komunikasi, Disiplin Anak

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Nurhayati,

Knapp, Mark.L. (1972). Nonverbal Communication in Human Interaction. New York: Holt, Rinehart, and Winston

Larry L. Barker. 2014. Komunikasi antarpersonal. Yogyakarta : Grha Ilmu

Moleong, L.J. ( 2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: P.T REMAJA.

Ruli, F. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Universitas Kristen Satya Wacana. Efrianusruli77@gmail.com.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Khotimah. (2019). Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal : Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1).

Koerner, A. F., & Fitzpatrick, M. A. (2002). Toward a theory of family communication. Communication theory. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi.

Koyimah, S., & Kusumaningtyas, N. (2017). Penanaman Sikap Disiplin Anak Melalui Program Parenting Di Paud Tunas Jaya Kecamatan Semarang Utara. Paud : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak , 6(1), 46–63. https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1865

Krohn, M. D., Larroulet, P., Thonberry, T. P., & Loughran, T. A. (2019). The Effect of Childhood Conduct Problems on Early Onset Substance Use: An Examination of the Mediating and Moderating Roles of Parenting Styles. Journal Of Drugs Issues 49(1).

Mukarramah, dkk. 2021 : Analisis Kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran . Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. Banda Aceh : Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia.

Nauli Vienna Aniella, Karnadi, Sri Martini Meilani. 2019. Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi) Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.179

Novrinda, Nina Kurniah, Yulidesni Yulidesni. 2017. Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini di tinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal ilmiah potensial.

Widayati, Tri. 2018. Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal. Lampung: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung.

Ramdhani, I. S., & Sumiyan. (2020). Literasi Seni Budaya Mendongeng Boneka Tangan Dalam Mengembangkan Karakter Generasi Milenial. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Prasetyo, F. A. (2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak ( Studi Deskriptif Tentang Optimalisasi Pendampingan Orantua dalam Proses Belajar Anak Menurut Presepsi Siswa Kelas X SMK N 1 Nanggulangan Tahun Ajaran 2017/2018). skripsi Thesis, sanata Dharma university. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/18145.

Roliza prantika, (2021) Peran Orang Tua Dalam Belajar Daring Siswi Min 1 Kepahing Pada Masa Usia Dini. Pandemi Covid-19. Tesis, tidak diterbitkan :Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarabiyah Dan Tadris Institud Agama Islam Negri Bengkulu Tahun 2021.

Al-Qur‟an Surat At-Tahrim Ayat 6, Yayasan Penyelenggara Penerjemah Penafsiran Al-Qur‟an, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Depag RI, 1992.

Al-quran Surat Al- Qashash Ayat 77, Surat Al-Baqarah Ayat 195, Surat An-nisa Ayat 59, Surat Ar-ra’d Ayat 11.

Husnul Khatimah Yasin, 2021. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.

Ramdhani, I. S., & Sumiyan. (2020). Literasi Seni Budaya Mendongeng Boneka Tangan Dalam Mengembangkan Karakter Generasi Milenial. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i2.6968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sapta Kesuma, Indah Purnama Syafitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License