PERAN MAHASISWA DALAM MENDUKUNG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA

Lilla Puji Lestari

Abstract


Penyalahgunaan narkoba merupakan masalah penting yang harus dihadapi berbagai negara di dunia. Bukan hanya orang dewasa yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, namun kaum remaja (pelajar/ mahasiswa) juga bisa  menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kepemahaman mahasiswa tentang narkotika, bahaya, serta sanksi yang didapat dari penyalahgunaan narkotika dan mengedukasi mahasiswa tentang narkotika. Dalam penulisan karya tulis ini melalui metode study pustaka. Badan Narkotika Nasional melaksanakan dan mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika. Peran mahasiswa dalam mendukung program P4GN adalah mahasiswa diharapkan dapat menciptakan unit kegiatan mahasiswa yang didalamnya memberikan edukasi tentang narkotika dilingkungan kampus. Melalui penyuluhan oleh BNN didapatkan hasil bahwa masih banyak remaja dan mahasiswa yang belum memahami betul tentang narkotika, bahaya, serta sanksi yang didapat dalam penyalahgunaan narkotika. Dengan metode kuesioner atau pretest menghasilkan 80% peningkatan pemahaman mahasiswa tentang narkotika 

 


Keywords


Penyalahgunaan; Remaja; Penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Buton, Rafli. “Peran Badan Narkotika Nasional Propinsi DIY Dalam Pencegahan Narkoba Di Kota Yogyakarta” 7 (2019): 139–57.

Di, Narkotika, and Provinsi Sulawesi. “No Title” VI, no. 6 (2018): 53–61.

Sartika Dewi, Deny Guntara, and Dicky Indrawan. “Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karawang Dalam Program (P4Gn) Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekurs.” Justisi Jurnal Ilmu Hukum 6, no. 2 (2021): 1–23. https://doi.org/10.36805/jjih.v6i2.1915.

Sukron, A, and Warsono. “Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Kader Penyuluh Anti Narkoba Unit Kegiatan Mahasiswa Peduli.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 3, no. 2 (2014): 927–40. http://ejournal.unesa.ac.id/article/12331/41/article.pdf.

Yunus, Yusriansyah, Muhammad Noor, and Nur Hasanah. “DALAM PENANGGULANGAN NARKOTIKA DI KOTA TARAKAN” 6, no. 3 (2018): 1145–58.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i2.6970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lilla Puji Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License