PERAN GURU PKN DALAM PEMBENTUKAN DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 2 BINJAI DALAM PENGEMBANGAN MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Rahma Fadilla

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru PKn dalam pembentukan disiplin siswa di SMA Negeri 2 Binjai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah seluruh guru PKn dan siswa pelaku pelanggaran kedisiplinan di SMA Negeri 2 Binjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PKn dalam pembentukan disiplin siswa di SMA Negeri 2 Binjai, dengan cara meningkatkan kedisiplinan supaya tidak melakukan pelanggaran aturan dan memberikan pemahaman tentang kedisiplinan. Adapun bentuk-bentuk keteladanan guru PKn dalam membina kedisiplinan siswa di SMA Negeri 2 Binjai, dengan cara memberikan contoh yang baik seperti guru harus disiplin, guru harus bertanggung jawab dan guru harus bersikap wibawa.

 

Kata Kunci : Peran Guru, Disiplin Siswa

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu pendekatan pratik. Jakarta: Rineka cipta

Ali, Atabik., and Muhdlor, Zuhdi Ahmad. 1996. Kampus Kontemporer ArabIndonesia. Yogyakarta: Ali Maksum

Anna Akhsanus Sulukiyah. 2016. Peran Guru dalam membentuk Karakter Kedisiplinan pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gondangwetan 1 Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

D.Gunarsa, Singgih. 1981. Psikologi Remaja. Jakarta: BPK-GM.

Hadisubrata, MS. 1988. Mengembangkan Kepribadian Anak Balita. Jakarta: BPK-GM.

Halsey, William. 1979. MacMillan Dictionary. New York: MacMillan Publishing

http://etheses.uin-malang.ac.id/2013/7/10520059_Bab_3.pdf. Diakses pada tahun 2014

https://news.detik.com/berita/d-5726764/surah-luqman-ayat-13-14-dan-nasihatyang-dikandungnya/amp. Diakses pada tahun 16 September 2021

http://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2014/B.111.14.0317/B.111.14.0317 -06-BAB-III-20190211030641.pdf. Diakses pada tahun 2019

http://repository.unpas.ac.id/30109/5/BAB%20III.pdf. Diakses pada tahun 2017

http://repositry.unimus.ac.id/806/3/BAB%20II%20.pdf. Diakses pada tahun 2017

http://repository.uin-suska.ac.id/4154/3/BAB%20II%282%29.pdf. Diakses pada tahun 2020

http://nurisrnsw1.blogspot.com/2014/03/prosedur-penelitian-umum.html?m=1. Diakses pada 29 Maret 2013

https://repository.unja.ac.id/24060/6/BAB%20III.pdf. Diakses pada 17 Juni 2021

https://penelitianilmiah.com/teknik-pengumpulan-data/. Diakses pada 11 November 2021

https://eprints.umm.ac.id/35546/3/jiptummpp-gdl-ellandaagn-48150-3-babii.pdf.

http://digilib.unimed.ac.id/26086/8/8.%203133111019%20BAB%20I.pdf. Diakses pada 2017

Isaacs, Alan. 1995. Kamus Lengkap Fisika. Jakarta: Erlangga.

Jumintan hasibuan. 2021. Upaya guru pendidikan agama islam dalam pembinaan kedisiplinan siswa di Mts S Babussalam Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan.Skiripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padang Sidimpuan.

Mustofa, Kamil. 2011. Pendidikan Non Formal. Bandung: Alfabeta.

Nurur Rohman. 2019. Peran Guru dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas V di MIN Jombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Prijodarminto, Soegeng. 1994. Disiplin, Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Abadi.

Rachman, Maman. 1999. Manajemen Kelas. Jakarta: Depdiknas, Proyek Pendidikan Guru SD.

Satori, Djama’an., and Komariah, Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soeharto, Bohar. 1996. Disiplin (Arahan Diri Pada Suatu Norma atas Dasar Kesadaran Diri). Jakarta: Kantor Menteri Negara Kependudukan/BKKBN.

Soeharto, Bohar. 1996. Kepekaan dan Pengembangan Diri (Kepribadian, Berpikir Kritis sebagai Proses Interaksional). Jakarta: Kantor Negara Kependudukan/BKKBN.

Soemarmo, D. 1996. Gerakan Disiplin Nasional. Jakarta: Mini Jaya Abadi.

Sri Wahyuni. 2021. Peran Guru PPKn dalam Membina Kedisiplinan Siswa di Sekolah melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Barussalam Kabupaten Selayar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ummi Khariroh. 2020. Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Muraja’ah Al-Qur’an Di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v4i2.7364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahma Fadilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License