PEMBENTUKAN KARAKTER BERADAB MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: IMPLEMENTASI SILA KEDUA PANCASILA

Muhammad Sinar Randi, Revina Maulida, An'Nisya Khairani, Zaidan Rafif, Raudatul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter beradab melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan fokus pada implementasi sila kedua Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, yang mencakup tinjauan terhadap berbagai sumber jurnal terkait Pendidikan Kewarganegaraan dan implementasi sila kedua Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan memainkan peran vital dalam menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika, yang selaras dengan prinsip-prinsip kemanusiaan dan keadilan. Pendidikan ini tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga mendorong untuk menjadi individu yang beradab, toleran, dan menghargai perbedaan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penguatan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sarana strategis untuk membangun masyarakat yang adil dan beradab di Indonesia.

Keywords


Pendidikan Kewarganegaraan ; Karakter ; Sila Kedua Pancasila

Full Text:

PDF

References


Afandi, dkk. (2023). STUDI LITERATUR : IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA SMA. Nusantara Hasana Journal, 3(1), 68-75.

Cahyandi, O., Nanis H., & Nafik U. H. (2020). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SILA KE 2 PELAJARAN PPKn SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1087- 1094.

Fadilah, K., Putri A. R., & Sessary M. E. (2024). PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KESADARAN MORAL MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Lentera: Multidisciplinary Studies, 2(3), 263-269.

Hutagalung, A., Seri S., & Sahruddin P. (2023). PENERAPAN SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB DALAM KEHIDUPAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN POKENJIOR. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 133-139.

Juniarti, I. G., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). View of Implementasi Nilai-Nilai Yang Terdapat Pada Sila Kedua Pancasila Terhadap Kehidupan Bangsa, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 7273–7277.

Noe, W. (2023). PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA (Studi Deskriptif pada SD YPI 45 Kota Bekasi). Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 66-76.

Putri, F. I. S., & Keisha M. T. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa Indonesia, Indigenous Knowledge, 1(2), 6-16.

Ramadani, A. C., Fatima A. Z., & Helen D. (2023). Implementasi Nilai Pancasila Sila Kedua Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Indigenous Knowledge, 2(5), 347-352.

Riauroikha, H. S., dkk. (2024). Efektivitas Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Etika Komunikasi Mahasiswa Ilmu Kelautan Angkatan 2022. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 424-432.

Rohani, & Fety N. (2020). PENANAMAN SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 149-157. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy, 1(1) (2020): 1-12 Judul Penelitian 6 Sihombing,

R. A., & Pristi S. L. (2021). PERANAN PENTING PANCASILA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49-59




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v4i2.9432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zaidan Rafif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License