Efektivitas Model Pembelajaran Joyful Learning pada Pembelajaran Aksara Jawa dalam Pendekatan Kuantitatif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajrina, S. B., Puspasari, N., Syahira, N. Q., & Tarsidi, D. Z. (2024). Engklek Kerjasama: Sebuah Jawaban Kerumitan atas Solusi Pembelajaran PPKN SD. 9(10), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.9644/sindoro.v9i10.8682
Akbar, R., Siroj, R. A., & Win Afgani, M. (2023). Experimental Reseacrch dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(2), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7579001
Alamsyah, E., & Ahwa, D. F. (2020). Implementasi Metode Joyfull Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59–76. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.12
Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206
Annisa, L., & Wakijo, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1), 77–83. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2043
Arone, A., & Putra, I. (2022). Implementasi Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(1), 61–69. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i1.43
Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 30–35. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572
Hasmarita, S., & Kurnia, D. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar dan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Forehand Drive Tenis Meja. JPOE, 2(2), 185–196. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.58
Idris, M. H. (2015). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Luxima.
Ilhami, B. S., & Khaironi, M. (2018). Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(2), 59–65. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1023
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.582
Karimah, A. (2022). Aksara Jawa: Do the Javanese Students can Read and Write It? Tradition and Modernity of Humanity, 2(2), 28–32. https://doi.org/10.32734/tmh.v2i2.10132
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell dan Stimulus-Organism-Response dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60–68. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65
Kurniawati, D., & Afdiana. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 60–66. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.836
Mutawally, A. F., & Darmawan, W. (2023). Kehidupan Sosial-Ekonomi Suku Jawa di Suriname pada Masa Kolonial Belanda (1890-1975). ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 803–814. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.741
Noor, S., Tajik, O., & Golzar, J. (2022). Simple Random Sampling. International Journal of Education & Language Studies, 1(2), 78–82. https://doi.org/10.22034/IJELS.2022.162982
Nugroho, H. A., Sulaksono, D., & Rahmat, R. (2023). Analisis Kesalahan Penulisan Aksara Jawa Pada Papan Nama Jalan di Kota Surakarta. Sabdasastra : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(1), 26. https://doi.org/10.20961/sabpbj.v7i1.61367
Nurhayati, M. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Edmodo pada Materi Perubahan Iklim terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(2), 76–88. https://doi.org/10.24905/psej.v7i2.130
Oktavia, D., Djuanda, D., & Dwija Iswara, P. (2024). Pengembangan E-Flashcard Berbasis Metode Kata Lembaga sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2964–2974. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3941
Pasaribu, B., Ahman, A., Muhtadi, H. F., Diba, S. F., Anggara, N., & Kanti, W. (2024). Kesalahan Umum dalam Analisis Data: Data Normal dan Tidak Normal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2413–2418. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3706
Prihantono, D. (2017). Sejarah Aksara Jawa. Javalitera.
Puspitasari, N., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8545–8559. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3789
Puspitorini, B. R. (2018). Jelajah Jawa Tengah Ragam Bahasa dan Sastra Jawa Tengah. Borobudur Inspira Nusantara.
Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal, 1(2), 107. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2172
Rahayu, W. I. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(1), 48–58. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.40756
Rohani, A., Halizah, N., Wandini, R. R., & Ritonga, S. (2021). Pengaruh Metode Joyfull Learning terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 208–215. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.3906
Sadjadi, D. (2022). Komponen Proses Pembelajaran Melalui Model, Pendekatan Strategi, Pendekatan Teknik, dan Taktik. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 36–48. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v5i2.2319
Schwieger, D., & Ladwig, C. (2018). Reaching and Retaining the Next Generation: Adapting To of Gen Z in the clasroom. Information System Education Journal (ISEDJ), 16, 45–54. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1179303.pdf
Setyaningsih, N. D., & Dayu, D. P. K. (2022). Joyful Learning Using Quizzis to Increase Learning Interest Post Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 6789–6795. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3067
Sitepu, S. V., Parulian Sijabat, O., Naibaho, T., & Simanjuntak, R. M. (2022). Evaluasi Psikomotorik dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Hybrid Learning. Journal of Educational Learning and Innovation p, 2, 251–267. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2
Sukoyo, J., Kurniati, E., & Utami, E. S. (2024). Development of a Joyful Learning-Based Instructional Model in Javanese Script. Journal of Languages and Language Teaching, 12(4), 2028. https://doi.org/10.33394/jollt.v12i4.12161
Sukoyo, J., Kurniati, E., Utami, E. S., Insani, N. H., Bahasa, P., & Jawa, S. (2023). Workshop Model-Model Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Joyful Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2).
Sukoyo, J., Nurhayati, E., & Dwijonagoro, S. (2020). The Effectiveness of Game-Based Learning Model In The Javanese Language Class. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(2), 652–660. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8273
Susanto, M. A., & Sandi, E. A. (2020). Aktualisasi Bahasa Jawa Youtuber Upaya Pemertahanan Bahasa Jawa pada Masa Pandemi COVID-19. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3373
Taqwa, R., Mulyanto, M., Tahyudin, D., Hapsari, D., Toruan, L. D. L., Muslim, M., Melinda, M., Wulindari, A., & Pratiwi, A. A. (2022). Joyfull learning: Pelatihan Guru Pelajaran Sosiologi di Kota Prabumulih dan Lahat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 205. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7759
Tumangger, E. L., Simbolon, R., Sitorus, M. H., Harefa, S., & Butarbutar, G. (2023). Pengaruh Teknik Ice Breaking (Mencairkan Suasana ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekar Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(5), 166–193. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i5.412
Umami, M. R., Utomo, S. B., & Ashadi. (2016). Pengaruh Media Infografis dan Poster pada Pembelejaran Joyful Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Logika pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA Semester Gasal SMA Negeri Gondangrejo. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(3), 9–17.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wariyanti, W. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Motorik dan Sosial Emosional Anak. ASGHAR: Journal of Children Studies, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4750
Waterworth, P. (2020). Creating Joyful Learning within a Democratic Classroom. Journal Of Teaching And Learning In Elemenetary Education (JTLEE), 3(2), 109. https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i2.7841
Wicaksono, S. R. (2020). Joyful Learning in Elementary School. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v2i2.232
Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah Melalui Pembelajaran dan Kegiatan di Sekolah. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 1–13. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2096
Windy, N., Febriani, A., & Hanifah Insani, N. (2024). Efektivitas Model CIRC Menggunakan Media Scrabble Aksara Jawa Terhadap Hasil Menulis Huruf Jawa. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 12(2), 141–153. https://doi.org/10.15294/piwulang,v12i2.11029
Ying, Y., Marchelline, D., & Wijaya, G. (2021). Using Technology-Flashcard to Encourage Students Learning Mandarin. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012138
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i1.10657
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Adhitya Tegar Pratama Anwar, Joko Sukoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0


5.png)

.png)
