Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Perubahan Interaksi Sosial Siswa SMKN 5 Merangin
Abstract
Penelitian ini berangkat dari masalah yang ditemukan oleh peneliti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Merangin pada siswa kelas X Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian yang menunjukkan adanya perubahan interaksi sosial siswa dikarenakan penggunaan media sosial tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak dari penggunaan media sosial tiktok dalam perubahan interaksi sosial siswa dan strategi mengatasi penggunaan media sosial tiktok dalam perubahan interaksi sosial siswa. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Full Text:
PDFReferences
Affandi, D. (2022). Social Media as Self Existence in Students Using Tiktok Applications. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(3), 300–311. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i3
Amruh. (2020). Perilaku Komunikasi dalam Interaksi Sosial Peserta Didik SMA Negeri 3 Kota Parepare (Perspektif Pendidikan Islam). Istiqra’, 8(1), 1–16.
Apriliani, S. R. (2020). Computer-Mediated Communication sebagai Sarana Presentasi Diri Guru PAUD. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 2(2), 80–94. https://doi.org/10.32509/jhm.v2i2
Asnawiyah. (2016). Kajian Interaksi Sosial Antara Pemimpin Dengan Karyawan Pada Toko Buku Gramedia Samarinda. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 2016(1), 44–58.
Aurelia, Y. (2024). Interaksi Sosial Melalui Media Sosial Tiktok Di Kalangan Siswa Sma Pgri 4 Jakarta. Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 46–54. https://doi.org/10.33822/gk.v6i2
Azhari Harahap, I., Yusdi Arwana, N., & Wahyu Tami Br Rambe, S. (2020). Teori dalam Penelitian Media. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 136–140.
Barsan, P. (2020). Perubahan Pilihan Dalam Mengakses Tayangan Media Informasi Dari Media Streaming Ke Media Digital ( Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu) Changes In Choices In Accessing Information Shows From Mainst. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 01(02), 130–139.
Deriyanto, D., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jisip, 7(2), 77.
Dyah, B. A. B. (2014). Validasi dan Reabilitas. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1
Firamadhina. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2
Sari Anita, dkk. (2023). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Jayapura: Cv. Angkasa Pelangi
Sudariyanto. (2019). Interaksi Sosial (2019th ed.). Semarang: PT Bengawan Ilmu.
Sudariyanto. (2021). Memahami Interaksi Sosial. Semarang: Mutiara Aksara Sinopsis.
DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v5i2.10821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rara Diah Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License






