PENGARUH PENDEKATAN BERBASIS GENRE TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA TENTANGTEKS SPOOF DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIMPANG DOLOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Harianto Harianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pendekatan genre based signifikan terhadap keterampilan membaca teks spoof siswa di SMP Negri 2 Simpang Dolok batu bara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dalam desain eksperimental ada dua kelompok siswa, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diajar dengan pendekatan membaca dan kelompok kontrol di ajar secara konvensional. kedua kelompok di berikan pre-test dan post-test . Pengambilan sampel menggunakan random sampling , salah satunya adalah undian . Kelas VIII.1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas  VIII.2 sebagai kelompok kontrol. kesimpulan berikut didasarkan pada analisis data pada bab sebelumnya : nilai yang di amati lebih besar dari nilai  (t) tabel. artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima siswa yang diajar dengan pendekatan berbasis genre dalam pembelajaran pemahaman membaca memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang di ajar dengan cara konvensional. Siswa merasa lebih mudah untuk belajar membaca dengan metode pendekatan berbasis genre. Penggunaan pendekatan dengan berbasis genre dalam pengajaran pemahaman bacaan efektif.


Full Text:

PDF

References


Lofland, L. (1999). A World of Strangers: Order and action in urban public space. New York: Basic Books.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendiidkan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badger, R.G., &White.G. 2000. A Process Genre Approach to Teaching Writing. ELT Journal 54.

Brown, H.D. 2001.Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Engelwood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regents.

Caroll, JA. 2001. Writing and Grammar Communication and Action. New Jersey. Prentice-Hill.

Cope, B., &Kalantzis, M. eds. 1993. The Powers of Literacy: A Genre Approach to Teaching Writing. Pittsburgh, PA: University of Pittsburgh Press.

Gao, J. 2008. Teaching Writing in Chinese Universities: Finding an Eclectic Approach. Korea. Asian EFL Journal Press

Gebhard, J.G. 2000.Teaching English as Foreign and Second Language.Ann Arbor: The University of Michigan Press.

Harmer, J. 2003.The Practice of English Language Teaching. Malaysia.. Pearson Education Limited.

Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning.Boston: Heinle&Heinle Publisher.

Raimes, A. 2003.Techniques in Teaching Writing. New York: oxford University Press.

Tompkins, G.E. 1994. Teaching Writing: Balancing Process and Product (2nded). New York: Mac Millan.

Yan, G. 2005. A Process Genre Model for Teaching Writing.English Teaching Forum 43. Jakarta

Frith, J. 2007. A Process Genre Approach to Writing Transactional Letters. (Online).http://www.developingteachers.com/articles_tchtraining/processgenre5_james.htm, accessed on 5th Nov 2012.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v1i1.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Harianto Harianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License