PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EDUKASI SELF CONFIDENCE PADA PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK DISUNTIK VAKSIN COVID-19

Sumilah Sumilah, Nur Sehat, Sahny Marbun

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah diperolehnya bahan ajar Edukasi Self Confidents pada peningkatan  kesadaran masyarakat untuk disuntik Covid-19.  Target khusus penelitian ini adalah diperolehnya bahan ajar Edukasi Self Confidents  pada peningkatan  kesadaran masyarakat untuk disuntik Covid-19 baik dalam bentuk cetak maupun digital dan jurnal ilmiah. Subyek penelitiannya adalah masyarakat Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang berusia di atas 51 tahun. Pemilihan subyek didasarkan pada suatu pertimbangan karena mereka umumnya  lebih rentan tersasar oleh COVID-19 dan harus diberikan kesadaran untuk disuntik Covid-19. Penelitian ini menggunakan mixed methods research.  Dalam mengembangkan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik ini dilakukan dengan memperhatikan rekomendasi yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang mencakup 10 langkah pengembangan bahan ajar.   

Keywords


Pengembanagan Bahan Ajar; Edukasi Self Confidence; Kesadaran Masyarakat; Suntik Vaksin Covid-19

Full Text:

PDF

References


Al Ansori, Ade Nasihudin., 2021, Tanamkan Kesadaran Pentingnya Vaksinasi COVID-19 Lewat Media Sosial, https://www.liputan6.com/health/tanamkan-kesadaran-pentingnya-vaksinasi-covid-19-lewat-media-sosial, Diakses pada tanggal 02 Maret 2021.

Amalia, Yunita., 2021, Indikator: 41 Persen Masyarakat Enggan Disuntik Vaksin, 38,4 Persen Tolak Membeli, https://www.merdeka.com/peristiwa/indikator-41-persen-masyarakat-enggan-disuntik-vaksin-384-persen-tolak-membeli.html, Diakses pada tanggal 03 Maret 2021.

Borg, W.R and Gall, M.D., 2003, Educational Research: An Introduction 4 th Edition, London: Longman Inc.

Creswell, J. W., 2014., Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed, United States of America: SAGE Publications, Inc.

Kementrian Kesehatan RI, 2021, Kemenkes Laporkan Upaya Pemerintah dalam Menyediakan Akses Vaksin Covid-19, web site, http ://www.Sehat negeriku, sehat bangsaku, kemkes.go.id/kemenkes-mulai-datangkan-vaksin-covid-19-beberapa-negara, Diakses pada tanggal 03 Maret 2021.

Yunus, Nurohim., & Rezki, Anisa., 2020. Kebijakan pemberlakuan lockdown sebagai antisipasi penyebaran corona Virus Covid-19, Jurnal Sosial & Budaya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol 7(3) 2020, 227-238.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v1i2.4454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumilah Sumilah, Nur Sehat, Sahny Marbun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License