PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P ROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 LANGSA

Nana Wahyuni

Abstract


Mata pelajaran PPKn memiliki karakteristik tersendiri, di mana materinya tidak dapat dikuasai tanpa pemahaman dan penghayatan terhadap nilai dan norma. Untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa harus memiliki motivasi belajar dalam setiap pembelajaran. Selama ini, siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran berlangsung  dengan menggunakan guru sebagai sumber belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa pemberian tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning . Penelitian ini terdiri dari dua siklus di mana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan mendeskripsikan model Project Based Learning dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP N 13 Langsa. Adapun hasil dari penelitian ini  dapat didiskripsikan sebagai berikut: hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan persentase ketuntasan 85% dan rata-rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 89,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP N 13 Langsa  meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan proses pembelajaran PPKn di kelas kelas VII SMP N 13 Langsa diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning.

Keywords


Model Pembelajaran Project Based Learning; Hasil PPKn

Full Text:

PDF

References


Angraini, Putri Dewi., (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2. Doi: https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.

Septarina., (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perumusan Dasar Negara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Picture and Picture Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VII A SMP Negeri Pauh. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy. Vol 2, No1. Doi; Prefix 10.30743

Sumaranti, Harma., (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di SD Setia Budi Abadi. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy. Vol 1, No1. Doi; Prefix 10.30743.

Susilawati, Evi, Sitompul, Harun, Situmorang, Julaga., (2019). The Effect of Direct Instruction Strategy and Students’ Social Interaction on Learning Achievement of Pancasila and Civic Education. ACEIVE 2019, November, Medan, Indonesia. Doi: 10.4108/eai.16-11-2019.2293257.

Susilawati, Evi., (2020). Efek Pemberian Penyuluhan Pencegahan Perundungan Secara Daring Terhadap Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Amal Pendidikan. Volume 1. No 2. Doi: http://dx.doi.org/10.36709/japend.

Susilawati, Evi., & Khaira, Imamul., (2021). Webinar Learning Strategies: Efforts to Increase Student’s Activeness and Learning Achievements in the New Normal Period in Public Policy Course. Nusantara Science and Technology Proceedings. Doi.org/10.11594/nstp.2021.

Susilawati, Evi., & Khaira, Imamul., (2021). Higher Orther Thinking Skills (HOTS) dan Model Pembelajaran TPACK Serta Penerapannya pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran PPKn. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 14, No. 2, Oktober 2021. Doi: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.28338.

Susilawati, Evi., & Khaira, Imamul., (2022). Penyuluhan Kepada Orang Tua Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Smp Negeri 2 Satu Atap Buntu Pane Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021 di Universitas Nahdatul Ulama Surabaya.

Wahyuningsih, Fitri., (2022). Pengaruh Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Kelas V SDN 61 Karara Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Pionir. Jurnal Pendidikan. Volume 10. No 1. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v2i2.6157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nana Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License