MANAJEMEN GURU BERBASIS KARAKTER PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 095205 PARBALOKAN KABUPATEN SIMALUNGUN

Ulung Napitu, Hartono Sinaga, Kartini Kartini, Jannus Parulian Sihombing

Abstract


Manajemen guru adalah salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan     pendidikan, karena manajemen guru adalah faktor strategis yang besar pengaruhnya bagi peningkatan mutu pendidikan. Pelaksanaan manajemen guru di SDN 095205 Parbalokan selama ini belum berjalan secara efektif.  Berdasarkan penelitian pendahuluan diketahui terdapat gejala manajemen guru yang belum efektif, antara lain yang menonjol adalah dalam hal perencanaan, penempatan guru, tenaga guru yang terlalu berlebihan dan peningkatan kesejahteraan guru.  Beranjak dari kondisi tersebu, penelitian ini bertujuan untuk   mengetauhui: 1)Bagaimana perencanaan manajemen berbasis profil pelajar Pancasila SDN 095205 Parbaloka;(2)Bagaimana  pelaksanaan manajemen berbasis pelajar Pancasila dalam hal muatan karakter profil pelajar Pancasila tertuang dalam RPP di SDN 095205 Parbalokan(3) Bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis profil pelajar Pancasila di SDN 095205 Parbalokan. Berdasar temuan-temuan penelitian dan hasil pembahasannya disimpulkan bahwa profil tenaga guru di SDN 095205 Parbalokan, Kabupeten Simalungun belum menggambarkan keadaan yang kondusif bagi peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan pelaksanaan manajemen guru di SDN 095205 Parbalokan, Kabupeten Bengkalis belum sepenuhnya memenuhi kriteria efektivitas fungsi-fungsi manajemen guru. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka perlu dirumuskan sistem manajemen guru yang efektif, juga penataan kelembagaan, sehingga mendukung efektifitas pelaksanaan manajemen dan layanan guru yang akhirnya dapat meningkatkan mutu guru khususnya dan mutu pendidikan umumnya di SDN 095205 Parbalokan, Kabupeten Simalungun.

Keywords


Manajemen Guru; Karakter Pelajar Pancasila; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Djamaluddin, Ahdar., & Wardana., (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2020). Administrasi Pembelajaran Sebagai Rukun Pendidikan. https://kemdikbud.go.id/

Kristiawan, Muhammad, dkk., (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kholifah, Siti., (2020). Peranan FGuru Dalam Pengembanagn Manajemen Pembelajaran Di SMP Neger 2 Buntu Pane Satu Atap Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy. Vol 2, No1. Doi; Prefix 10.30743

Nugroho, Faozan Tri., (2022). Pengertian Profil Pelajar Pancasila, Kegunaan, dan Dimensinya.https://www.bola.com/ragam/read/5048306/pengertian-profil-pelajar-pancasila-kegunaan-dan-dimensinya

Sondang, Siagian., (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Tri, Fajar., (2022). 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki oleh Calon Guru. Guru Binar:https://gurubinar.id/blog/4-kompetensi

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i1.6177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ulung Napitu, Hartono Sinaga, Kartini Kartini, Jannus Parulian Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License