Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas V SDN 065012 Kecamatan Medan Tuntungan

Johannes .

Abstract


ABSTRAK
”Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) Di Kelas V SD Negeri 065012 Kec. Medan Tuntungan”. Rumusan masalah:
1).Apakah Model Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) Di Kelas V SDN 065012 Kec. Medan Tuntungan? 2). Bagaimana Model
Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Kelas
V SDN 065012 Kec. Medan Tuntungan? Tujuan Penelitian:1).Untuk meningkatkan hasil belajar
siswa melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V SD Negeri 065012 Kec.Medan Tuntungan
.2). Untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Jigsaw di KelasI V SDN
065012 Kec. Medan Tuntungan .Manfaat Penelitian:1).Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas V SDN 065012 Kec. Medan Tuntungan. 2).Untuk
meningkatkan kualitas pengajaran guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
3).Untuk kelengkapan usul peneliti naik pangkat ke golongan IV/c. Penelitian Tindakan
dilaksanakan melalui dua siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari 1).Planning/ Perencanaan;
2).Acting/Tindakan; 3).Observing/Pengamatan; 4).Reflekting/Refleksi; Hal-hal yang masih
merupakan aspek kelemahan direfleksikan pada siklus berikutnya. Hasil Penelitian Tindakan:
berdasarkan data pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa: 1).Model Pembelajaran Jigsaw
dapat meningkatkan Aktivitas Belajar siswa karena ternyata nilai rata-rata aktifitas belajar
mengalami peningkatan dari 62,14% pada Siklus I menjadi 77,14% pada Siklus II. 2).Model
Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa,karena ternyata jumlah siswa pada
kategori hasil belajar Kurang mengalami pengurangan dari 21,74 % pada Siklus I menjadi 8,69 %
pada Siklus II; demikian juga jumlah siswa pada kategori hasil belajar Sedang mengalami
pengurangan dari 52,17 % pada Siklus I menjadi 26,09 % pada Siklus II; sementara disisi lain
terdapat peningkatan pada jumlah siswa kategori hasil belajar Baik bertambah dari 21,74 % pada
Siklus I menjadi 39,13 % pada Siklus II; demikian juga jumlah siswa pada kategori hasil belajar
Baik Sekali bertambah dari 4,35 % pada Siklus I menjadi 26,09 % pada Siklus II. Dengan
demikian hipotesis tindakan yang berbunyi:”Melalui Model Pembejajaran Jigsaw diharapkan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 065012 Kecamatan
Medan Tuntungan” dapat diterima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Meningkatkan Hasil Belajar IPA, SDN 065012 Medan
Tuntungan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


<< Previous editions