Penerapan Problem Based Instruction (PBI) dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat

Suprapto Manurung

Abstract


ABSTRAK
Dalam pembelajaran matematika seseorang harus lebih teliti dalam memilih model pembelajaran
dan terfokus pada pembelajaran berdasarkan masalah. Agar pelajaran dapat dimengerti dan belajar
mengajar dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan di lapangan yakni
SMP Negeri 8 Pematangsiantar, bahwa hasil belajar matematika siswa secara umum masih rendah,
dan pola pembelajaran yang digunakan selama ini masih didominasi oleh guru. Hasil penelitian
menunjukkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) (kelas eksperimen) dan
menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) masing-masing sebesar 68,18% dan
41,46%. Berdasarkan kriteria pencapaian efektivitas disimpulkan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) lebih efektif.
Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis kovarians menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah
(problem-based instruction) lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Model pembelajaran berdasarkan masalah, keefektifan dan pemahaman.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


<< Previous editions