Perbandingan Gaya Belajar Interpersonal dengan Gaya Belajar Penguasaan terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Calon Guru

Ramlan Keliat, Afnaria .

Abstract


ABSTRAK
Setiap orang memiliki keunikan masing-masing dalam melakukan aktivitas belajar, khususnya
dalam belajar matematika. Terdapat empat gaya belajar matematika secara umum, yaitu gaya
belajar penguasaan, gaya belajar pemahaman, gaya belajar interpersonal, dan gaya belajar ekspresi
diri. Masing-masing gaya belajar ini membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda. Studi ini
akan membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk menguasai konsep/materi matematika pada
gaya belajar interpersonal dan gaya belajar penguasaan. Dimana, gaya belajar interpersonal diberi
perlakuan dengan strategi belajar diskusi, sedangkan mahasiswa dengan gaya belajar penguasaan
diberi perlakuan dengan strategi belajar problem based learning. Objek penelitian merupakan
mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UISU, dimana diambil sampel sebanyak 10 orang
untuk masing-masing gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gaya
belajar interpersonal lebih cepat dalam mencapai kecakapan yang dimaksud dibandingkan
mahasiswa dengan gaya belajar penguasaan.
Kata kunci : gaya belajar matematika, gaya interpersonal, gaya penguasaan, problem based
learning, diskusi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


<< Previous editions