TEACHERS AND STUDENTS’ PERCEPTION OF AI IN ACCOUNTING EDUCATION: A CASE STUDY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrita, J. (2023). Peran artificial intelligence dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem pendidikan. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731
Al Fadillah, Y., Akbar, A. R., & Gusmaneli (2024). Strategi desain pembelajaran adaptif untuk meningkatkan pengalaman belajar di era digital. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, 1(4), 354–362. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jpst/index
Anwar, M. R., & Mufidah, N. (2024). Penggunaan kecerdasan buatan AI dalam pembelajaran mahasiswa kelas peminatan penelitian bahasa Arab. Journal Alle: Arabic of Language and Linguistics Education, 3(1), 2985- 3864. https://ejournal.stainh.ac.id/index.php/kafaah
Apriliani, D., Handayani, S. F., & Saputra, I. T. (2023). Implementasi natural language processing (NLP) dalam pengembangan aplikasi chatbot pada SMK YPE Nusantara Slawi. Techno.Com, 22(4), 1037–1047. https://doi.org/10.33633/tc.v22i4.9155
Aripin, S. N., Hadinata, H., & Kurnia, D. (2023). Dampak Akuntansi Manajemen dari Digitalisasi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(2), 109–115. https://doi.org/10.34306/abdi.v4i2.1040
Fitri, S. A., & Putri, S. F. (2024). Pengembangan video animasi berbasis kecerdasan buatan sebagai media pembelajaran interaktif siswa SMK akuntansi dan keuangan. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 4(4), 125–134. http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/download/9050/3170
Handayani, T. P., Yasin, A., Nasrul, M., & Setiawan, A. (2024). Pelatihan teknologi kecerdasan buatan untuk peningkatan produktivitas guru SMK DESAIN Komunikasi Visual SMKN 1 Gorontalo. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 86–93. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Hanifa, Sholihin, A., & Ayudya, F. (2023). Peran AI terhadap industri kreatif di Indonesia. Jurnal Of Comprehensive Science, 2(7), 2159–2170.
Jusmin, E. (2012). Pengaruh latar belakang keluarga, kegiatan praktik di unit produksi sekolah, dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(1). https://doi.org/10.21831/jptk.v21i1.3339
Maryani, M., & Sari, F. (2023). Pengembangan model akuntansi yang berbasis kecerdasan buatan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(4), 44–49. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i4.687
Niayah. (2024). Transformasi pendidikan di era digital: Implementasi AI dan pembelajaran adaptif di SMK Darul Kamal Nw Kembang- Kerang. Meriva: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 180-201. https://ejournal.merivamedia.com/index.php/meriva
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan artificial intelligence pada pembelajaran dan asesmen di era digitalisasi. Jurnal kridatama sains dan teknologi, 5(02), 473–486. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.975
Pasyarani, L. (2023). Revitalisasi akuntansi dengan penerapan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Jurnal Ilmu Data, 3(2), 1–14. http://ilmudata.org/index.php/ilmudata/article/download/323/308
Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat kecerdasan buatan untuk pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
Sari, D. E., Narimo, S., Ahmad, N. L., Sarun, A., Jatmika, S., Mustofa, R. H., Baswara, S. Y., & Jannah, M. (2022). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning application (MLA) di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesi (JAMSI), 2(2), 545–552. https://doi.org/10.54082/jamsi.225
Wahyudi, T. (2023). Studi kasus pengembangan dan penggunaan artificial intelligence (AI) sebagai penunjang kegiatan masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28–32. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse
Yunarzat, E., Sida, S. C. N., & Makassar, U. M. (2024). Pengaruh penggunaan chatgpt terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1607–1626. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Zendrato, C. P. (2024). Menyikapi perkembangan teknologi AI (chatgpt) sesuai dengan kebenaran alkitabiah. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.69748/jrm.v2i1.105
DOI: https://doi.org/10.30743/ll.v9i1.10765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Sastra
Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Medan
Jl. Sisingamangaraja Teladan Medan 20217
Telp. (061) 7869911, e-mail: language_literacy@sastra.uisu.ac.id