KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN DAN RELAVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MODERN

Elli Dayanti Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan agama Islam menurut Ibnu Khaldun serta relevansinya terhadap sistem pendidikan modern. Ibnu Khaldun menekankan bahwa pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek keagamaan, tetapi juga mencakup ilmu-ilmu duniawi yang berkontribusi pada pembentukan akhlak, perilaku, dan karakter peserta didik. Pendidikan, menurutnya, harus berorientasi pada keseimbangan antara ilmu-ilmu syari’at dan ilmu rasional, yang pada akhirnya bertujuan menciptakan individu yang memiliki moralitas tinggi dan kesiapan dalam menghadapi tantangan kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif analitis. Data diperoleh dari berbagai sumber primer dan sekunder yang relevan dengan pemikiran Ibnu Khaldun serta teori pendidikan Islam dalam konteks modern. Analisis dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mendapatkan pemahaman yang sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ibnu Khaldun masih memiliki relevansi dalam sistem pendidikan modern. Pertama, konsep pendidikannya sejalan dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam yang telah diterapkan dalam sistem pendidikan saat ini. Kedua, gagasannya tetap relevan untuk diaktualisasikan dalam pendidikan Islam modern, terutama dalam membangun harmoni antara ilmu agama dan ilmu duniawi. Pendidikan tidak boleh terfragmentasi, tetapi harus menyatu dalam satu sistem yang saling mendukung dalam pembentukan manusia yang unggul secara intelektual dan moral.

Keywords


PAI, Ibnu Khaldun, Pendidikan Modern

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahid, Ali. Abdur Rahman bin Khaldun. Jakarta: Nuansa Press, 2001.

Afandi, M., et al. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press, 2013.

Chodry, M. Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun (Perspektif Sosiologi). Tesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.

Hadi, A. Pendidik Perspektif Ibnu Khaldun (Studi Kritis dalam Buku Mukaddimah). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Kurniawan, M. Y. Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2019.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Moh. Uzer Usman. Konsep Belajar Tuntas. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Nuruzzahri. Kurikulum dan Metode Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun. Medan: Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara, 2013.

Rahman Getteng, Abd. Pendidikan Islam dalam Pembangunan. Ujung Padang: Yayasan Al-Ahka, 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2013.

Warul Walidin. Pendidikan Islam sebagai Sebuah Sistem. Jakarta: Islamika Insani, 2015.




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i1.10672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.