PENGARUH EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK JIWA KEPEMIMPINAN SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN

Novitha Sari, Haryanto Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) terhadap pembentukan jiwa kepemimpinan siswa kelas XI di SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji skala Likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, serta pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler Rohis berpengaruh signifikan terhadap jiwa kepemimpinan siswa dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 64,5%, yang berarti 64,5% variasi jiwa kepemimpinan dijelaskan oleh keterlibatan dalam Rohis, sedangkan 35,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai korelasi (R) sebesar 80,3% menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara Rohis dan jiwa kepemimpinan. Uji t menghasilkan nilai 4,953 > 2,00404 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, menegaskan bahwa Rohis memiliki pengaruh nyata dalam membentuk kepemimpinan siswa. Uji F juga menunjukkan hasil signifikan dengan nilai Fhitung 24,534 > Ftabel 4,02, yang mengindikasikan bahwa variabel Rohis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap jiwa kepemimpinan. Dengan demikian, semakin aktif siswa dalam kegiatan Rohis, semakin tinggi tingkat kepemimpinan yang terbentuk.

Keywords


Ekstrakulikuler, Rohis, Kepemimpinan, Siswa SMK Negeri 6 Medan

Full Text:

PDF

References


Abd Wahab & Umiarso, Kepemimpinan Pneidikan dan Kecerdasan Spiritual, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2016).

Abd Wahab & Umiarso, Kepemimpinan Pneidikan dan Kecerdasan Spiritual, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2016).

Acmad habibullah, Laporan Hasil Peneltian, Sikap dan Jaringan Keberagamaan Aktivis Rohis SMA Negeri 1 Yogyakarta, 2017, Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, Unpublished.

Al-qur’an Terjemahannnya, Departemen Agama RI, Yayasan Penyelengggara Penerjemah/Penafsir Al-qur’an, (Jakarta : Bumi Restu 1986).

Arifin, Ilmu Pendidikan Islan Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011).

Avuan Muhamad Rizki dan Rekha Rakhmawati, (2018). "Rohis dari Dua Perspektif". Sukabumi: CV Jejak.

Departemen agama Agama RI. 2010. Al-Quran dan tafsirnya jilid I (Q.S Al-baqarah/2:124). Jakarta : Lentera Abadi.

Desi Narita, Dalam Peranan Organiasasi Rohani Islam Dalam Meningkatkn Nilai Religious dan Kejujuran Siswa di SMA Negeri 1 Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2015-29116, skripsi pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas lampung, Bandar Lamoung, 2016.

Deswaraswamy nanjun, (2014). Leadership Stlye. Journal Advances in Management Vol. 7(2).

Dewi Priyatno, Mandiri Belajar EVIEWS (Statistical Product and Service Solution Yogyakarta : Mediakom, 2008).

Djunaidi Ghony & Fauzan Almanshur, Metode PenelitianPendidikan Pnedekatan Kuantitaif, (Malang: UIN Malang Perss, 2016).

Hayadin,Tragedi Kecolongan Rohis Keterlibatan Alumni Rohis SMK N Anggrek pada Aksi Radikalisme, Jurnal Al-qalam, Volume 119, no. 2, Desember 2013.

Janda, K. F. (1960). Towards the explication of the concept of leadership in terms of the concept of power, Human Relation, Vol 13.

Johansen, J.R, 2009, The Secreet of Leadership + Kutipan Motivasi Dahsyat, Cetakan pertama, Shira Media, Yogyakarta..”

Kaiser, R. B., Hogan, R., and Craig, S. B. (2008). Leadership and the fate oforgannnizations, American Psychologist, Vol. 63.




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i1.10676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.