PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MEMOTIVASI HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VII SMP IT AL-MUNADI MEDAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ahmad Rijali. 2018. Analisis Data Kualitataif. Jurnal Alhadharah. 17 (33).
Ahmad Warson Munawir. 1999. Kamus al-Munawwir Arab Indonesia. Pustaka Progesif. Surbaya. Dikutip dari Imam Faizin. 2017. Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model Cipp, Jurnal Al-Miskawih. 2 (2).
Al-Hafidz W Alwin. 2005. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Bumi Aksara. Jakarta.
Amal Abdus Salam Al-Khalili. 2006. Pengembangan Kreatif Anak. Pustaka Al-Kausar. Jakarta.
Arianti. 2018. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. 12 (2).
Asmawati Luluk. 2017. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11 (1).
As-Sirjani Raghub. 2007. Cara Cerdas Hafal Al-Qur’a. Cet Pertama. Aqwam. Solo.
Atabik Ahmad. 2014. The Living Qur’an. Stain Kudus. Jawa Tengah.
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum. (Yogyakarta: Andi Offset, 2004), hlm. 190.
Chirzin Muhammd. 2011. Kearifan Al-Qur’an. PT Grafindo. Jakarta.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an Terjemahnya. CV Penerbit J-ART. Bandung.
Emda Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2).
Gomez. 2007. What Do We Know About Creativity?. Journal of Effective Teaching, 7 (1).
Guntur Talajan. 2012. Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Laksbang Pressindo. Yogyakarta.
Hakim Lukman Moch. 2020. Motivasi menghafal Al-quran pada mahasiswa IAIN Jember di rumah Tahfidz Darul Istiqamah. Jurnal Ilmiah Pesantren. 6 (2).
Handoyono Syukur Muflikhun. 2019. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan At-Taqwa Muhammadiyah Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu. Yogayakarta.
Hasibuan, M. 2010. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Hidayat Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan. LPPPI. Medan.
Hidayati Nurin dan Nur Hidayat. 2018. Kolaborasi Guru Kelas Dan Tahfidz Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik Kelas Atas Penghafal Al-Qur’an Di SDIT BAIK. Islamic Teacher Journal 6 (02).
Kurniasari Rani. 2018. Pemberian Motivasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perushaan Telekomunikasi Jakarta. Jurnal Widya Cipta. 2 (1).
Lestari Ika, Linda Zakiyah. 2019. Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran. Erzatama Karya Abadi. Bogor.
M. Yusuf Kadar. 2013. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan. Amzahh. Jakarta. Dikutip dari Nur Illahi. 2020. Peranan Guru Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah. 2 (1).
Mahmud Yunus. 1990. Kamus Arab Indonesia. Hidakarya Agung. Jakarta.
Milles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press. Jakarta. Dikutip dari Saleh Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan. Bandung.
Muhammad Zein.1985. Tata Cara atau Problematika Menghafal Al Qur'an dan Petunjuk-Petunjuknya. Pustaka Al Husna. Jakarta.
Muhfizar, dkk. 2021. Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep). Media Sains Indonesia. Bandung.
Mujtahid. 2011. Pengemban Prfesi Guru. UIN Maliki Press. Malang.
Murdiyanto Eko. 2020. Metodologi Penelitian (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press. Yogyakarta.
Moch Lukman Hakim. 2020. Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Mahasiswa IAIN JemberDi Rumah Tahfidz Darul Istiqomah. Jurnal Ilmiah Pesantren 6 (2).
Nafis Muntahibun Muhammad. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Teras. Yogyakarta.
Nana Syaodih.2010. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nurani Yuliana dkk. 2020. Memacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini. Bumi Akasara. Jakarta Timur.
Nuriyanto Elok.2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Siswa SMP. Jurnal Suluh Edukasi, 1 (1).
Oemar Hamalik. 2016. Proses belajar mengajar. PT. Bumi Aksara. Bandung.
Olson W. Robert. 1992. Seni Berfikir Kreatif Sebuah Pedoman Praktis. Erlangga. Jakarta.
R. Angkowo, dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pengajaran. Grasindo. Jakarta.
Rachmawati Yeni, dan Euis Kurniati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativtas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Depdikbud. Jakarta.
Raharjo dan Mudjia. 2011. Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Repository Uin Malang.
Rahmamdi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Antasri Press. Banjarmasin.
Rahmi Yuliani. 2019. Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. Jurnal Innovation Studies 19 (1).
Rajni Oktia. 2020. Kreativitas Guru Tahfidz Dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Kelas XI Aliyah Di Madrasah Aliyah Proyek UNIVA MEDAN Tahun Pelajaran 2018-2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Medan.
Rauf Aziz Abdul. 2015. Kiat Sukses Menjadi Hafid Qur’an. PT. Syamil Cipta Media. Bandung.
Rivai, dan sagala. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Rusn Ibnu Abidin. 2009. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sa'dulloh S.Q. 2014. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an. Gema Insani. Jakarta.
Salim dan Muhammad Ikhsan Rifki. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media. Bandung.
Siddiq Umar dan Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitaian Kualitataif Di Bidang Pendidikan. Nata Karya. Ponorogo.
Siswoyo Dwi. 2017. Ilmu Pendidikan. UnyPress. Yogyakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.
Sudarma Momon. 2013. Profesi Guru/Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Rajawali Pers. Jakarta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan Sembilan Belas. Alfabeta. Bandung.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Rineka Cipta. Jakarta.
Terry George.1996. Prinsip – Prinsip Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.
Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Ulfa Maria Lulu. 2018. Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro. IAIN Metro. Metro.
Utami Mundandar. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Yasir Muhammad, dan Ade. 2016. Studi Al-Qur’an. Asa Riau (CV. Asa Riau). Riau.
Yusuf Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan konseling di sekolah. Rizqi Press. Bandung.
Zaman Zakki, dan Syukron Maksum. 2014. Metode Cepat Menghafal Al-Qur’an. Al Barokah. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i1.10682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
INDEXING:
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.