PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMP IT AL-IKHLAS MEDAN SELAYANG, KOTA MEDAN

Lika Titi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam proses pembelajaran di SMP IT Al-Ikhlas Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis statistik. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa dalam rentang waktu Maret hingga Juni 2024. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, dan uji r untuk menguji hubungan serta signifikansi antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara faktor-faktor tertentu dengan hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh pendidikan Agama Islam terhadap proses pembentukan akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT-Al-Ikhlas Kecamatan Medan Selayang. Dimana nilai t hitung 0.678 lebih besar dari t tabel (10.098 >1.678) dengan kearah positif. Adapun persentase yang dipengaruhi oleh variable X sebesarl 0,699.

Keywords


Pengaruh, PAI, Aklhlak Siswa, SMP IT Al-Ikhlas Medan

Full Text:

PDF

References


A.Rahman Ritonga, 2015, Akhlak Merakit Hubungan Dengan Sesama Manusia, Amelia Computindo, Jakarta.

A.Mustofa, 2013, Karakteristik Akhlak, Insani Pers, Jakarta.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, 2021, Ilmu Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2014, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Remaja Rosdakarya, Bandung .

Abuddin Nata, 2004, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Abdullah Darraz, 2015. Konsep Pembelajaran Karakter (Studi Komparasi Pandangan Al-Ghazali dan Thomas Lickona)” STAIN Kediri.

Ahmad D.Marimba, 2005, Filsafat Pendidikan Islam, al-Ma’arif, Bandung.

Ahmad Tafsir, 1993, Pendidikan dalam Keluarga , Pustaka al-Husna, Jakarta.

Ahmad Amin, 2013, Pendidikan Akhlak, Bina Ilmu, Semaran.

Al-Bukhari, 1991, Hadis Bukhari, Ad-Daar, Beirut.

A.Malik Fajar, 2017, Reorientasi Pendidikan Islam, Fajar Dunia, Jakart.

Abdullah, 2017, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran, Bina Karya, Jakarta

Aminuddin, et all, 2006, Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan AgamaIslam. Graha Ilmu.Jakarta.Cetakan 1.

Barnawie Umary, 2015, Materi Akhlak, CV Ramadhani, Solo.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Edisi 4.Cetakan 4. Gramedia Pustaka .Jakarta.

Departemen Agama Republik Indonesia,2003.Pedoman Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum Dan Luar Biasa.Cetakan 3.Departemen Agama.

---------------, 2019, Al-Qur’an dan Terjemahnya, PT.Kumudasmoro. Semarang,

---------------,2004,Al-jumanatul Ali, Al-qur’aan dan Terjemahan-Nya,.CV.Penerbit J-ART.Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2005.Kamus Besar Besar Bahasa Indonesia.Balai Pustaka.Jakarta.

Fadhillah,Z.,N,2020,Pendidikan Islam,Jurnal Media Karya Mahasiswa Pendidikan Islam,1(1) .

Fahry Aryanto,2019, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Proses Pembentukan Akhlak Siswa di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Imam Metro Kibang Kelas IX.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.Metro Lampung. Jurnal Vol.2 No.3

Fahran Idris, 2021, Dasar-Dasar Kependidikan , Angkasa, Penang.

Hasan Langgulung, 2005, Pendidikan dan Kebudayaan Islam, al-Ma’arif, Bandung.

Haris Firdaus, 2012, Generasi Muda Islam, Di Ambang Kehancuran, Mujahid, Bandung.

Hadis Purba, 2016, Akidah Akhlak, IAIN-SU, Medan.

Hery Nur Aly, 2009, Ilmu Pendidikan Islam , Logos, Jakarta.

Ibnu Maskawi, 2011, Ilmu Akhlak, Terj. Alamsyah, Bumi Aksara, Jakarta.

Irsyaduna,2021. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pebentukan akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri 2 diwek jombang.Jurnal studi kemahasiswaan 1(1) .

Jalaluddin, 2005, Persiapan Anak Saleh, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kemenag, Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 69 tahun 2013

Khairiyah Husein Thaha, 2001, Konsep Ibu Teladan, Risalah Gusti, Surabaya.

M.Suyudi, 2005, Pendidikan Perspektif Alqur’an. Mikraj, Yogyakarta

M.Zuhri, 2015, Aqidah Akhlak, Serangkai, Solo.

Masdub dan Abdul Khaliq, 2015. Sosiologi Pendidikan Agama Islam (Suatu Pendekatan Sosio Religius), Aswaja Pressindo.Yogyakarta.

Muhibbin Syah, 2010, Psikologi Pendidikan’ Dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Mudiyaharjo Redja, 2022, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Penddidikan pada Umumnya dan Pendididkan di Indonesia.PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Muwafik Saleh, 2012, Membangun Karakter Dengan Hati Nurani, Erlangga, Jakarta

Moh. Uzer Usman, 2016, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moh. Roqib. 2019, Ilmu Pendidikan Islam (Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, LKiS, Yogyakarta,

Moh. Ardani, 2015, Akhlak Tasawuf, PT Mitra Cahaya Utama, Bandung, Cet ke-2.

Mukhtar, 2003.Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cetakan 2, Misaka Galiza,Jakarta.

Muhaimin, dkk, 2011, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nasaruddin Razak,1973. Dienul Islam, .Al- Maarif. Bandung

Nurul Khafsohtul., 2008, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Pada Masa Pubertas di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Nurul Ulum Karang Roto Genuk Semarang, Jurnal vol.1. No.1

Omar M. M. Al-Toumy Al-syaibany, 2014, Filsafat Pendidikan Islam,Bulan Bintang, Jakarta, Cet ke-2.

Ramayulis,2005, Metodologi Pendidikan Islam,Cetakan 4.Kalam Mulia Jakarta Pusat. Jakarta,

Ramayulis, 2013, Ilmu Pendidikan Islam, Rineka Cipta, Jakarta.

Rusdi Nasrum, 2016, Akidah Akhlak, UT, Jakarta.

S. Margiono.2010. Metode Penelitian Pendidikan.Edisi 3 Cetakan 1.PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sardiman A. M., 2007, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta, Ed. 1.

Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Cet.1, Rineka Cipta, Jakarta.

Salim Bahreisy, Terjemah Riadhus Shalihin I (Bandung : Al-Ma’arif.1997)

Suci Fitrianingsih,2019,Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMKN 3 Banda Aceh,Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.Aceh. IAIN Ar-Ranury, Jurnal Vol.4 No.1

Sugiono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edisi 2 Cetakan 1. Bandung.

Sumadi Suryabata,2008.Metode Penelitian. Edisi 1 Cetakan 19 Raja Gafindo Persada .Jakarta.

Suharismi Arikunto,2010.prosdur penelitian suatu pendekatan praktik. PT.Rineka Cipta. Edisi 3 Cetakan. Jakarta.

Syukra Alhamda, 2018.Buku Ajar Metlit dan Statistik. Deepublish. Jakarta.

Tayar Yusuf, 2011, Pendidikan Agama Islam , Insani, Jakarta.

Tim Sanihiyah, 2022, Pesan-Pesan Rasulullah, Citra Umbara, Bandung.

Thoyib Syahutra, et.al., 2018, Aqidah Akhlak, PT Karya Toha Putra, Semarang.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas., Yogyakarta : Laksana. Nomor 4301.

WJS. Poerwadarminta, 2015, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Zuhairi, et all. 2016. Pedoman Penelitian Karya Ilmiah. Edisi 2 Cetakan 1. Rajawali Pers. Jakarta.

Zuhairini, 2004, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam , UIN Press, Malang.

Zakiyah Darajat, et.al, 2002, Ilmu Pendidikan Islam , Bumi Aksara, Jakarta.

Zahruddin AR.2014, Pengantar Ilmu Akhlak, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, Cet ke-1.

Zulkarnain, 2008, Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i1.10685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.