PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TPI MEDAN

Syarifah Atmalia Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dalam pembentukan karakter nilai dan moral siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian regresi yang berdasarkan data diperoleh dan data yang yang telah diperhitungkan dari hasil penyebaran angket terdapat beberapa hasil diantaranya: Uji t (t-test)hasil perhitungan ini dibandingkan dengan t tabel dengan menggunakan tingkat kesalahan 0,05 (5 %), diperoleh nilai t hitung variabel aspek kognitif sebesar -3.846. Kemudian, t tabel menggunakan df n-2 dengan n adalah jumlah populasi, sehungga hasilnya yaitu 32 -2 = 30 dan dapat diperoleh T tabel 1.67655. Jadi diperoleh Thitung ,Ttabel atau -3.846 < 167655 maka dapat diartikan bahwa H0 diterima. Artinya, Terdapat peran guru SKI (X) terhadap pembentukan karakter nilai dan moral (Y). Selanjutnya diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 14.794 > 2,07 (F tabel didapat dari F (k;n-k)= F (1;32) = 2,07) dan dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel peran guru (X) signifikan terhadap pembentukan karakter nilai dan moral siswa (Y). Sedangkan nilai koefisien determinasi (R square) seberapa 0,338 berarti dapat disimpulkan bahwa sebesar 33,8 % pembentukan karakter nilai dan moral siswa ditentukan oleh peran guru.

Keywords


Guru, SKI, Karakter Siswa, Madrasah Aliyah TPI Medan

Full Text:

PDF

References


Akhsanus Sulukiyah, Anna. Skripsi: Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gondangwaten 1 Kabupaten Pasuruan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016.

Arisanti, Devi. Peran Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Hadari Nawai. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1993.

Ibnu Rusydi. "Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah." Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 7, no. 1 (Maret 2021): 75–83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.176.

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005.

Mhaimin Memberi Bimbingan kepada Anak Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Muhtar Luthfie Al Anshory, Marhumah, dan Suyadi. "Problematika Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Yapi Pakem." Jurnal Penelitian Keislaman 16, no. 1 (2020): 76–86. https://doi.org/10.20414/jpk.v16i1.2222.

Nabila El Atikah, Fahmi Irfani, dan Nirwan Syafrin. "Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas X Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Kabupaten Bogor." Asy-Syar’i: Jurnal Bimbingan dan Konseling Keluarga 4, no. 2 (2002): 155–165. https://doi.org/10.47467/as.v4i2.826.

Nana Sayodih Sukmadinata. Pendekatan Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Nurkholis Imam Ikhsan, Fahmi Irfani, dan Ibdalsyah. "Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Badru Tamam." Reslaj: Jurnal Pendidikan Agama Sosial Laa Roiba 4, no. 4 (2002): 889–917. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1006.

Nurul Zuriah. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Pendidikan menurut Undang-Undang Tahun 2023.

Peran Guru menurut Jurnal Ilmiah ISSN 2655-6022.

Peran Guru menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2023.

Rusmaini. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Putaka Felicha, 2013.

Sadirman. Kemajuan Perubahan Tingkah Laku Siswa. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2004.

Sitinjak, Sugiharto Lisler. Cet Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Cet. IX. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Suptomo. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan Strategi dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga, 2011.

Tilman, Diane. Pendidikan dan Nilai. Jakarta: Grasindo, 2003.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Zakiah Derajat. Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i2.10705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.