PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU KAB. MANDAILING NATAL
Abstract
Pondok Pesantren Mustahafawiyah banyak mengalami tantangan sejalan dengan perkembangan sosial yang mengitarinya. Balasan yang bersumber baik dari faktor internal maupun faktor eksternal pesantren, tantangan yang bersumber dari faktor internal seperti pekembangan kurikulum dari tahun ketahun yang semakin meningkat karena tuntutan zaman,. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Pondok Pesantren Musthafawiyah,kurikulum yang di gunakan di Musthafawiyah masih merujuk kepada kurikulum lama yang di buat oleh Tuan Syeh H. Musthafa Husein Nasution,dan kurikulum itu masih di pakai hingga sekarang akan tetapi kurikulum baru (kemenag) sudah memasuki pondok pesantren tersebut,tentunya hal ini akan banyak mata pelajaran yang di ambil oleh santri sehingga manajemen kurikulum harus dipersiapkan secara tepat dan memberikan kenyamanan dalam belajar santri. Adapun tujuan penelitian ini Mengungkapkan perkembangan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal.Mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kab. Mandailing Natal.Mengetahui implikasi perkembangan kurikulum terhadap capaian pembelajaran siswa di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kab. Mandailing Natal. Adapun jenis penelitian dalam permasalahan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan sejarah (historical research). Perkembangan kurikulum yang terjadi di pondok pesantren musthafawiyah purba baru di sebabkan dengan perkembangan zaman sekarang. Dimana PonPes Musthafawiyah sudah melakukan 2 pergantian kurikulum yaitu SKB 3 Mentri dan Muadalah, akan tetapi kurikulum yang di buat pendiri masih di pakai hingga sekarang. Faktor yang mempengaruhi kurikulum pendidikan di ponpes musthafawiyah purba baru itu dipacu pada dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor eksternal dan internal, faktor eksternalnya adalah guru, siswa ataupun orang-orang yang terkait didalamnya. Sedangkan untuk faktor internalnya adalah perguruan tinggi, lingkungan masyarakat. Implikasi perkembangan kurikulum terhadap capaian belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum tersebut. para guru juga melakukan upaya/usaha dalam meningkatkan kualitas belajar diantaranya melalui karakteristik belajar dimana para guru merancang sebuah metode pembelajaran yang di senangi siswa.
Full Text:
PDFReferences
Azyumardi Azra,”Pendidikan Islam Ttradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru”.(Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)., h. 108
Al Rasyidin, “Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Musthafawiyah Mandailing Natal”.Dalam: Journal Of Contemporary Islam And Muslim Societies, Vol. 1, No. 1, 2017., h. 42
Al –Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Mei 2017., h. 92
Al-Qur’an surah Al-Ra’d ayat 11, Penerbit Al-Qosbah Karya Indonesia,Bandung, 8 Februari 2021. h. 250.
Andewi Suhartini, “Jurnal Pendidikan Belajar Tuntas: Latar Belakang, Tujuan, Dan Implikasi” 10,no. 1 (2010)., h. 42-43.
Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam, ( Jakarta: Kencana Penada Media, 2006 ), h. 234-235.
Afifuddin & Beniahmad Saebani.”Metodologi Penelitian Kualitatif”. (Bandung: Pustakasetia,2004)., H.96.
Al-Qur’an surah Al-Mujadalah ayat 11,Penerbit Al-Qosbah Karya Indonesia,Bandung, 8 Februari 2021. h. 543.
Desmita, Psikologi Perkembangan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)., h. 4
Haidar Putra Daulay,”Sejarah Pertumbuhan Dan Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia” ( Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2007 ) h. 74.
Haidar Putra ,Daulay.”Sejarah Pertumbuhan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia”,(Jakarta: Kencana, 2009)., h. 71.
Hamdani Ihsan, Dkk.”Filsafat Pendidikan Islam”(Bandung: Pustaka Setia, 2001)., h. 131.
Hasil wawancara dengan Alm.Ayahanda H.Umar Bakri pada tanggal 29 Desember 2011 di pondok beliau (Banjar Guru).
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 2 Maret 2023 pada jam 09.30
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 2 Maret 2023 pada jam 09.35
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 2 Maret 2023 pada jam 09.40
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 2 Maret 2023 pada jam 09.45
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 2 Maret 2023 pada jam 09.48
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 4 Maret 2023 Pada Jam 13.30
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 4 Maret 2023 Pada Jam 13.58
Hasil Wawancara Dengan Roisul Mu’allimin Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 4 Maret 2023 Pada Jam 14. 05
Hasil Wawancara Dengan Ayah Arda Bili Selaku Pks Bidang Kurikulum Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 3 Maret 2023 pada jam 13.00
Hasil Wawancara Dengan Salah Satu Ustazah KhairunnisaYang Mengajar Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 3 Maret 2023 Pada Jam 11. 15
Hasil Wawancara Dengan Salah Satu Ustazah Maulida Hafni Yang Mengajar Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 3 Maret 2023 Pada Jam 11.45
Hasil Wawancara Dengan Ayah Ahmad Tarmizi Selaku Staf Administrasi/Tata Usaha Anggota Sekretaris Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 4 Maret 2023 Pada Jam 13.00
Hasil Wawancara Dengan Kepala Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Bapak Syamsul Bahri Kantor Aliyah Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 4 Maret 2023 Pada Jam 13.30
Hasil Wawancara Dengan Kepala Madrasah Tsanawiyah Musthafawiyah Purba Baru Bapak Muhammad Faisal Kantor Tsanawiyah Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 4 Maret 2023 Pada Jam 14.30
Hasil Wawancara Dengan Ustazah Siti Suleho di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 11 Mei 2023 Pada Jam 13.30
Hasil wawancara dengan Ayahanda H.Umar Bakri pada tanggal 29 Desember 2011 di pondok beliau (Banjar Guru).
Hasil Wawancara Dengan Kak Siti Suleho selaku Uztazah di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 11 Mei 2023 Pada Jam 13.35
Jurnal “landasan sosiologis kurikulum” oleh ahmad dwi nur halim, 2019
Jurnal Paradigma “Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Bangsa” Oleh M. Alimas’udi, 2015. 2(1):h. 3.
Kompri, Manajemen Dan Kepeimpinan Pondok Pesantren, ( Jakarta: Kencana, 2018), h. 1- 2.
Kementrian Agama Republik Indonesia, “Keputusan Mentri Agama Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah “, (Jakarta : Keputusan Mentri Agama Direktorat Kskk Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019), h. 5.
Lailial, Muhtifah.”Pola Pengembangan Kurikulum Pesantren”.: Kasus Al-Mukhlishin Mempawah Kalimantan Barat, Vol. XVII. No. 2, 2012., h. 204-205
LexyJ. Moleong,” Metodologi Penelitian Kualitatif”.( Bandung: Rosdakarya, 2002), h.27.
Muhammad Kristiawan “Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran”.(Bengkulu : Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu :2019.,h.1.
Muhaimin,”Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi”. (Jakarta: Rajawali Press, 2005)., h. 12.
Mohammad Takdir, “Modernisasi Kurikulum Pesantren “, (Yogyakarta : IRCi SoD, 2018), h. 257-258.
Nana Syaodih, Sukmadinata,”Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktek”.(Bandung: Rosdakarya, 2012)., h. 4.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2009), H. 89.
Soetopo Dan Soemanto, Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)., h. 40-41.
Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. 2022-2023 “Profil Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kab. Mandailing Natal”.
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 5 No. 1 Januari 2020 h. 8.
Abbas Pulungan, “ PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBABARU MANDAILING”, (Medan, Perdana Publishing, 2020), h. 137.
DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v13i2.9133
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
INDEXING:
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





