EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIZ QUR’AN PADA MASA COVID-19 MELALUI SISTEM DARING DI MA’HAD TAHFIZ IMAM AHMAD ABI ABDILLAH TANJUNG MORAWA MEDAN

Haris Saputra Pasaribu

Abstract


Penelitian ini membahas efektivitas pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan sistem dalam jaringan (daring) yang dilakukan di Ma’had Tahfiz Imam Ahmad Abi Abdillah Tanjung Morawa. Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan tiga alur kegiatan bersamaan yaitu: pengumpulan data sekaligus reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verify). Hasil penelian menunjukkan pembelajaran daring di Ma’had Imam Ahmad Abi Abdillah Tanjung Morawa belum berjalan efektif.

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid Khon, "Hadis Tarbawi", (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012), hal.13.

Abuddin Nata, “Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multidispliner Normatif Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Sosiologi,

Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum” (Jakarta: Rajagrafindo, 2009), hal. 15.

Maktabah Syamilah. Shahih Bukhari. Juz 4.hal 1919

Pentashihan Mushaf Al Quran Departemen Agama (2007) QS. Al-Hijr (15): 9 (PT Hati Emas, Jakarta Selatan) hal 262 Sa’dullah, “9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an”, (Jakarta: Gema Insani, tahun 2008), hal. 9

Ahsin W “Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an”, (Jakarta : Bumi Aksara, tahun 1994), hal. 22

Ahmad Bin Salim Baduwailan, Cara Mudah & Cepat Hafal Al-Qur’an (Solo: Kiswah Media, 2014), hlm. 169-170.

Rizqon Halal Syah Aji, ‘Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i 7, no. 5 (14 April 2020)

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal , 21.

Yunus, N. y. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19,. Jurnal Sosial & Budaya Syar'i, 228.

Partanto, Kamus Ilmiah Populer (Surabaya: Arloka, 1994). 128

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005). 89

Uno Hamzah B. Muhammad Nurdin, Belajar dengan Pendekatan Paikem; Pembelajaran Aktif, Inofatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. (Jakarta: Bumi Aksara, 2011). 173


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan