PENGAJARAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF SYAIKH AHMAD SURKATI
Abstract
Pengajaran Agama Islam memiliki tugas penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar umat Islam dapat berperan aktif, tetap bertahan serta mampu bersaing di era globalisasi. Syaikh Ahmad Surkati merupakan tokoh yang besar dalam pembaharuan pemikiran Islam di Indonesia terutama dalam bidang Pendidikan. Namun namanya masih jarang disebut dalam wacana sejarah pergulatan pemikiran Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengajaran Agama Islam yang digagas oleh Syaikh Ahmad Surkati secara mendalam karena pemikiran beliau banyak mempengaruhi pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Syaikh Ahmad Surkati merupakan tokoh pembaharu dunia pendidikan Islam. Terbukti dengan adanya penjenjangan dalam institusi pendidikan yang dilakukan oleh Syaikh Ahmad Surkati yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia. Syaikh Ahmad Surkati juga merupakan pelopor terbentuknya sistem kelembagaan dalam dunia pendidikan. Ini sebuah kemajuan dalam dunia pendidikan. Besar kiranya kontribusi Syaikh Ahmad Surkati dalam membina dan memajukan serta membenahi sistem pendidikan yang berkembang di Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran, PT.Rineka Cipta, Jakarta, 2004.
Asep Supriatna (dkk), Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Pemikiran Syekh Ahmad Surkati, 3 No 6, 2021.
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Gaya Media Pratama,Jakarta, 2005.
Abdul Rahman, Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan isi-Materi,Jurnal Ekis. Vol. 8. No.1, Maret, 2001.
Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 1996,
Ahmad Munjin N dan Lilik Nur, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, PT Refika Aditama,Bandung, 2009
Al-Yafi‟i.Salah Abd al- Qadir al-Bakri, Tarikh Hadramawt al-Siyasi,II, Mustafa al-Babi al- Halabi, Kairo, 1932.
Al-Tadzkiyah, Jurnal Pendidikan Islam,Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Tokoh Pembaharuan Islam, Uin Raden Intan, Lampung, 2016
Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Ciputat Pers, Jakarta, 2002
Awaliyah, Tuti, and Nurzaman. "Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa‟id Hawwa." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 6.1 2018.
Bisri Affandi, Syaikh Ahmad Surkati Pembaharu dan Pemurni Islam di Indonesia 1874-1943, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta ,1999.
Bisri Mustofa, Skrispsi : Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Al-Qur’an
SuratAl-Isra’ Ayat 23-24, UIN Maulana Malik Ibrahim,Malang, 2016
Budi Harsanto, Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial,UNPAD Press, Bandung, 2017
C.Geertz,"Modernization in Muslim Society:The Indonesia Case"dalam Bellah R.N (Peny).Religion an Progress in Modern Asia, Free Press.New York. 1945
Chabib Thoha, PBM-PAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Semarang,1998
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum,Rineka Cipta, Jakarta, 2004
Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka,Jakarta, 2007
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta, 2013
Deliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, LP3ES, Jakarta.
E.Denison Ross and Eileen Power (Penyunting), Ibnu Batuta, Travels in Asia and Africa 1325-1354. Terjemahan H. A. R. Gibb, Routladge dan Kegan Paul, London ,1929
Fatmawati, Perlindungan Hak Asasi Atas Kebebasan Beragama dan Beribadah dalam Negara Hukum Indonesia,Jurnal Konstitusi, Vol 4, No 8, 2011
Hamzah B Uno, Perencanaan Pembelajaran, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2007
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Setia, Bandung, 2007
Himpunan Tiga Risalah, Jakarta, 2004
Hussein Bajerei, Al-Irsyad Mengisi Sejarah Bangsa, Presto Prima Utama, Jakarta, 1996.
Husain Usman, Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2006
Husein Abdullah Badjerei, Muhammadiyah Bertanya Surkati Menjawab, Yayasan Lembaga Penyelidikan Ilmu-ilmu Agama Islam dan Dakwah, Salatiga,1985
Husein Haikal, Indonesia-Arab dalam Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
-1942, Universitas Indonesia, 1986
J.Mursell, S. Nasution, Mengajar Dengan Sukses, Jammers, Bandung, 1980
Louis Gottschalk, Mengerti sejarah, UI Press, Jakarta, 1986.
Mokh.Imam firmansyah, Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi,Jurnal pendidikan Agama Islam. Vol. 17 No.2, 2019.
Muhammad Qasim,Maskiah, Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran, Jurnal Diskursus Islam Volume 04 Nomor 3, Desember 2016.
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 2012
Nazarudin, Manajemen Pembelajaran, Teras, Yogyakarta, 2007
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2010
Nugroho Notokusumo, Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer (Suatu Pengalaman), Logos, Jakarta, 1978.
Nurmaningtyas, F. “Nilai Kebangsaan Pendidikan Islam Dalam Perspektif
Shaykh Ahmad Surkati,”Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman,
(2). Doi: 10.21274/Epis.2013.8.2.451-477,2013
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2007
PB Pemuda Al-Irsyad Surabaya, Laporan Periodik, No. 12 dan 13, 1977
Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry, Kamus ilmiah populer, Arkola Surabaya,1994
R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran, Rienaka Cipt,a Jakarta, 1996
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta,2008
Samrin,Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasioal di
Indonesia,.Jurnal Al-Ta‟dib, Vol. 8, No.1, Januari-Juni, 2015.
Samsul Nizar, Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam ,Gaya Media Pratama, Jakarta, 2001
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2002
Sardirman, Interaksi dan Motifasi Belajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004
Siti Shofiatul Ulfiyah, Studi Biografi dan Perannya dalam Pengembangan AlIrsyad Tahun 1914-1943, (Skripsi, IAIN Sunan Ampel Fakultas Adab Surabaya), 2012.
Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004
Suara Majelis Dakwah Al-Irsyad, No. 1 , Agustus 1972
Tayar Yusuf, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995
Tohorin,Psikologi Pembelajaran PAI, PT Grafindo Persada, Jakarta, 2006
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945
UUD’45 Amandemen IV,Karya Utama, Surabaya, 2002
Umar Sulayman Naji, Risalah Title-title Kemulyaan dalam Islam, al-Nadi alIslami, Batavia, 1355 H,
Van den Berg, Hadramaut and the Arab Colonies in the Indian Archipelago, Terjemahan Major C. W. H. Sealy, The Government Central Press, Bombay 1887
Zakiyyah darajat, Ilmu Jiwa Agama, Bulan Bintang, Jakarta, 2005.
Zarkasy, Hadis Shahih Bukhari, Ad-Daar,Beirut,t.t
DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v13i2.9137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
INDEXING:
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





