LOCAL WISDOM-BASED LITERARY LITERACY IN LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN TERNATE: STRATEGIES AND OBSTACLES
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah J. et al. (2020). Pembelajaran Kearifan Lokal di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Geocivic. Vol 3, Nomor 2.
Abidin, Y. et al. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.
Anggarini, Y., et al. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa. Seminar nasional pascasarjana 2019 ISSN: 2686-6404
Ariyati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Literasi Digital di Era 4.0: Tantangan Dan Harapan. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 151-160, july 2020. ISSN 2527-5917. Available at: . Date accessed: 08 oct. 2021.
Budhianto, Y. (2018). Pembelajaran Bahasa sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 13 Nomor 2 Tahun 2018
Diana, N. (2012). Manajemen Pendidikan berbasis Budaya Lokal Lampung (Analisis Eksploratif Mencari Basis Filosofis). Analisis, Volume XII, Nomor 1, Juni 2012
Dinata, K., B. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Eksponen, Vol. 11 No. 1, April 2021
Erman, S. (2016). Membangun Budaya Literasi. Jurnal AKRAB Volume 7 Edisi 1.hal 4-5.
Gasong, D. (2015). Implementasi Kearifan Lokal Singgi’ dan Retteng Dalam Sastra Lisan Toraja (Kajian Hermeneutik). JURNAL KIP - Vol. No. III. Hermawan R. ,Nouval R. & Solehun. 2020. Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Vol 2, No 1, Januari 2020 ISSN 2715 – 5110
Hariyadi, J. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Samudra Bahasa Vol. 1, No. 1, 2018 http://ejurnalunsam.id/index.php/JSB
Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP) Volume 1, No 2, Juni 2018 e-ISSN : 2597-5218 p-ISSN : 2597-520X
Kusmiarti, R. & Syukri, H. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba ISBN: 978-623-707438-0 211 Halaman 211-222
Kustyarini. (2014). Sastra dan Budaya. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ISSN: 1410-8771. Volume. 16, Nomor 2, hal 1-13
Majid, B. (2017). Revitalisasi Fungsi Tradisi Lisan Dola Bololo dalam Masyarakat Ternate Moderen. Jurnal ETNOHISTORI, Vol. IV, No. 2.
Malawi, et al. (2017). Peran Guru dalam Membudayakan Literasi di Sekolah Dasar melalui Sastra Lokal. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA 2017
Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal pendidikan Agama Islam Volume 02 Nomor 02 November 2014
Nuraini, L. (2018). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2018)
Okrtaviati, R. N. et al. (2018). Developing Children's Supplementary Literature Book Based On Character Education In Sixth Grade Of Elementary School. Journal of Educational Science and Technology Volume 4 Number 2 August 2018 page 111-118 p-ISSN:2460-1497 and e-ISSN: 2477-3840 DOI: http://dx.doi.org/10.26858/est.v4i2.6065
Pora, S. (2016). Identifikasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Tradisi Lisan Masyarakat Ternate. Jurnal ETNOHISTORI, Vol. III, No. 1.
_______. (2014). Tinjauan Filosofis Kearifan Lokal Sastra Lisan Ternate. Jurnal UNIERA Volume 3 Nomor 1; ISSN 2086-0404.
Sayuti, S. A. (2005) . Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gamma Media
Simanjuntak, B. A. (2014). Korelasi Kebudayaan & Pendidikan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sugiarti. (2017). Strategi Pengembangan Daya Cipta Sastra Daerah dalam rangka Menyangga Perkembangan Kesusasteraan Nasional. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu X Pendokumentasian dan Pemberdayaan Bahasa-Bahasa Daerah sebagai Penyangga Kekuatan Budaya Bangsa Denpasar.
Supriyono, Y. et al. (2017). English Language Immersion berbasis Kearifan Lokal bagi Siswa Sekolah Dasarijsse. Jurnal Sarwahita Vol. 14 No. 02 Tahun 2017
Susanto, D. (2016). Harmonisasi Kearifan Lokal terhadap Implementasi Pendidikan Karakter di Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3, Nomor 1, September 2016, hlm. 72-77
Suyitno. et. al. 2019. Internalisasi Pendidikan Karakter di sekokah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan ISSN 2715-467X 27 Juli 2019
Syahrul, N. (2017). Pembelajaran Sastra Indonesia dalam Konteks Global Problematika dan Solusi. Seminar Nasiona. PS PBSI FKIP Universitas Jember
Syairi, K. A. (2013). Pembelajaran Bahasa Dengan Pendekatan Budaya. Dinamika Ilmu Vol. 13. No. 2, Desember 2013
Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru terhadap Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Deskriptif Di Beberapa Sma Di Bengkulu Selatan Dan Kaur. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education Volume 1, Nomor 1, Januari 2019
Syarifudin, M., & Nursalim. (2019). Strategi Pengajaran Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaVol. 5,No. (2) November 2019
DOI: https://doi.org/10.30743/ll.v6i1.4482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Sastra
Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Medan
Jl. Sisingamangaraja Teladan Medan 20217
Telp. (061) 7869911, e-mail: language_literacy@sastra.uisu.ac.id