UPAYA PENINGKATAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MTs NURUSSHOLIH, KECAMATAN MEDAN POLONIA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui bagaimana kaitan kualitas mengajar guru pendidikan agama Islam terhadap proses belajar mengajar. Kedua, mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar. Ketiga, mengetahui Metode belajar apa yang digunakan guru pendidikan agama Islam untuk membuat siswa berminat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, lokasi dan objek penelitian bertempat di MTs. Nurussholih Kecamatan Medan Polonia yag terletak di Jalan Cempaka No. 20 Karang Sari Medan Kecamatan Medan polonia. Fokus penelitian yaitu upaya peningkatan kualitas guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar, teknik penarikan menggunakan random sampling, instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan catatan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yakni kepustakaan meliputi kutipan langsung dan tidak langsung serta lapangan meliputi observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian MTs. Nurussolih berdiri pada tahun 2004 yang awalnya berbentuk Taman Kanak-Kanak. Lalu, berkembang juga di bidang home schooling.Setelah empat tahun berjalan, mulai ada bantuan dana yang diberikan oleh Cemara Asri sehingga MTs. Nurussholih bisa lebih berkembang. Saat ini, jumlah kurang lebih berada di angka 180 siswa yang terdiri dari siswa kelas VII. VIII, dan IX. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dimulai dari perencanaan, pemilihan metode pembelajaran, sarana prasarana, evaluasi, dan keterampilan.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Prenadamedia Grup, Jakarta, 2016
Ainiyah, Nur. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Al-Ulum, 2013
Akhiruddin, Belajar dan Pembelajaran, Cahaya Bintang Cemerlang, Sidoarjo, 2019
Alfian Erwinsyah, “Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru”, Vol 5. No.1, Februari 2017
Annisa Anita Dewi, Guru Mata Tombak Pendidikan, CV Jejak, Jawa Barat, 2017
Arfan Ikhsan, Metode Penelitian, Cipta pustaka Media Perintis, Bandung, Juli 2022
Arikunto, Suharsimi, Prosesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2013
Edi kusnadi, Metodologi Penelitian, ramayana pers, jakarta, 2008
Firman Mansir, “Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital”, Vol.8, No.2, Desember 2020
Gintings, Abdorrakhman, 2008, Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran, Bandung: Humaniora
Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar, 2014, Strategi Belajar Mengajar di Kelas, Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitataif Ilmu Pendidikan Teologi, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, Makassar, 2018
Ida Rohmah Susiani, “Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia”, Modeling, Vol.8 No.2, September 2021, hlm.293
Indrawan, Irjus , 2014, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Yogyakarta: Deepublish
Jejen Musfah, Analisis Kebijakan Pendidikan, Kencana, Jakarta, 2016
Koko Sumantri, “Kompetensi Profesional Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan belajar siswa di SMK N 1 Bandung, 2015
Leonard, “Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas Sdm Guru Dan Solusi Memperbaikinya”, Vol. 5, No.3, 2015
Malayu, SP Hasibuan, 2011, Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Maria Marta Manao, “Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak”, Vol.2, No.1, Maret 2022
Mariana, “Permasalahan Dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kualitas Guru”, Vol. 2, No.3, 2021
Marwiyah dan Alauddin, Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013, Cv. Budi Utama, Yogyakarta, 2018
Mufarokah, Annisatul , 2009, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras
Mulyati, Yeti, dkk. 2007. Keterampilan Dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurlaila, “Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Bandung, 2017
Saekan, M. Muchith, “GURU PAI YANG PROFESIONAL”, QUALITY, Vol. 4, No. 2, 2016
Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis, Cv. Budi Utama, Yogyakarta, 2018
Saondi, “Etika Profesi Keguruan”, Bandung, CV. Refika Aditama
Siti Roskina, “Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajan”, Vol. 5, No. 2, Juni 2008, ISSN: 1693 9034
Sugiyono, Metode Kuantitatif R & D, Alfabeta, Bandung, 2012
Sugiyono, Metode Penelitian. Alfabeta, Bandung, 2012
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 2003
Syaiful Sagala, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Kencana, Jakarta, 2017
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembar Negara Republik Indonesia, Jakarta, 2003 Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Kencana, Jakarta,
DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v13i2.9141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
INDEXING:
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





