UPAYA PENINGKATAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MTs NURUSSHOLIH, KECAMATAN MEDAN POLONIA MEDAN

Afnia Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui bagaimana kaitan kualitas mengajar guru pendidikan agama Islam terhadap proses belajar mengajar. Kedua, mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar. Ketiga, mengetahui Metode belajar apa yang digunakan guru pendidikan agama Islam untuk membuat siswa berminat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, lokasi dan objek penelitian bertempat di MTs. Nurussholih Kecamatan Medan Polonia yag terletak di Jalan Cempaka No. 20 Karang Sari Medan Kecamatan Medan polonia. Fokus penelitian yaitu upaya peningkatan kualitas guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar, teknik penarikan menggunakan random sampling, instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan catatan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yakni kepustakaan meliputi kutipan langsung dan tidak langsung serta lapangan meliputi observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian MTs. Nurussolih berdiri pada tahun 2004 yang awalnya berbentuk Taman Kanak-Kanak. Lalu, berkembang juga di bidang home schooling.Setelah empat tahun berjalan, mulai ada bantuan dana yang diberikan oleh Cemara Asri sehingga MTs. Nurussholih bisa lebih berkembang. Saat ini, jumlah kurang lebih berada di angka 180 siswa yang terdiri dari siswa kelas VII. VIII, dan IX. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dimulai dari perencanaan, pemilihan metode pembelajaran, sarana prasarana, evaluasi, dan keterampilan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Prenadamedia Grup, Jakarta, 2016

Ainiyah, Nur. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Al-Ulum, 2013

Akhiruddin, Belajar dan Pembelajaran, Cahaya Bintang Cemerlang, Sidoarjo, 2019

Alfian Erwinsyah, “Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru”, Vol 5. No.1, Februari 2017

Annisa Anita Dewi, Guru Mata Tombak Pendidikan, CV Jejak, Jawa Barat, 2017

Arfan Ikhsan, Metode Penelitian, Cipta pustaka Media Perintis, Bandung, Juli 2022

Arikunto, Suharsimi, Prosesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2013

Edi kusnadi, Metodologi Penelitian, ramayana pers, jakarta, 2008

Firman Mansir, “Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital”, Vol.8, No.2, Desember 2020

Gintings, Abdorrakhman, 2008, Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran, Bandung: Humaniora

Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar, 2014, Strategi Belajar Mengajar di Kelas, Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitataif Ilmu Pendidikan Teologi, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, Makassar, 2018

Ida Rohmah Susiani, “Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia”, Modeling, Vol.8 No.2, September 2021, hlm.293

Indrawan, Irjus , 2014, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Yogyakarta: Deepublish

Jejen Musfah, Analisis Kebijakan Pendidikan, Kencana, Jakarta, 2016

Koko Sumantri, “Kompetensi Profesional Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan belajar siswa di SMK N 1 Bandung, 2015

Leonard, “Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas Sdm Guru Dan Solusi Memperbaikinya”, Vol. 5, No.3, 2015

Malayu, SP Hasibuan, 2011, Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Maria Marta Manao, “Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak”, Vol.2, No.1, Maret 2022

Mariana, “Permasalahan Dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kualitas Guru”, Vol. 2, No.3, 2021

Marwiyah dan Alauddin, Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013, Cv. Budi Utama, Yogyakarta, 2018

Mufarokah, Annisatul , 2009, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras

Mulyati, Yeti, dkk. 2007. Keterampilan Dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurlaila, “Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Bandung, 2017

Saekan, M. Muchith, “GURU PAI YANG PROFESIONAL”, QUALITY, Vol. 4, No. 2, 2016

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis, Cv. Budi Utama, Yogyakarta, 2018

Saondi, “Etika Profesi Keguruan”, Bandung, CV. Refika Aditama

Siti Roskina, “Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajan”, Vol. 5, No. 2, Juni 2008, ISSN: 1693 9034

Sugiyono, Metode Kuantitatif R & D, Alfabeta, Bandung, 2012

Sugiyono, Metode Penelitian. Alfabeta, Bandung, 2012

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 2003

Syaiful Sagala, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Kencana, Jakarta, 2017

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembar Negara Republik Indonesia, Jakarta, 2003 Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Kencana, Jakarta,




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v13i2.9141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.