Implementasi Program Sekolah Penggerak Dan Guru Penggerak Terhadap Merdeka Belajar Di SD Negeri Kabupaten Asahan

Nuraisyah Nuraisyah, Febry Ramadhani Hsb, Marihot Manullang, Ali Mukti Tanjung

Abstract


Program ini bertujuan untuk menghadirkan suasana nyaman di dalam kelas dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode SPSS yang bertujuan untuk menganalisa pengaruh Implementasi sekolah penggerak dan Guru pengegrak terhadap merdeka belajar di SD Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 sekolah penggerak dan 17 orang guru penggerak. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Implementasi sekolah penggerak berpengaruh terhadap merdeka belajar di SD Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan. Hal ini di indikasikan oleh nilai bahwa implementasi sekolah penggerak (3.477) > t-tabel (2.101) dan p-value (0.008) <0.05. Guru penggerak berpengaruh terhadap merdeka belajar di SD Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan. Hal ini di indikasikan oleh nilai t-hitung guru penggerak (4.377) > t-tabel (2.101) dan p-value (0.023) < 0.05. Implementasi sekolah penggerak dan Guru penggerak terhadap merdeka belajar di SD Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan. Hal ini di indikasikan oleh nilai Fhitung: (9.615) > F-tabel: (3.55) dan sig-p (0.002) < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahawa Implementasi skolah penggerak dan guru penggerak memiliki pengaruh terhadap merdeka belajar sebesar 53.1%. Dan saran yang dapat penulis berikan ialah melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan variabel yang berbeda dan juga memberikan penguatan kepada Guru selaku fasilitator utama dalam menyelenggrakan merdeka belajar

Keywords


Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, Merdeka Belajar

Full Text:

PDF

References


Ana Widyastuti.(2022). “Menjadi sekolah dan guru penggerak merdeka belajar dan implementasinya”.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Arwildayanto, dkk. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. CV CENDEKIA PRESS : Bandung

Bayumi, dkk,(2021). “Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi”. Yogyakarta: CV Budi Utama.

CNN Indonesia. (2021). Nadiem: Sistem Pendidikan Kita Gagal Edukasi Perubahan Iklim.

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada University Press.

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. E-Tech, Volume 08.

Indrianto, N. (2021). Digitalisai Sekolah Untuk Kemerdekaan Belajar. In Adi (Ed.), Waktunya Merdeka Belajar (hal. 4). Akademia Pustaka.

Kemendikbud. (2019). Merdeka Belajar.

Kemendikbud. (2021a). Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak.

Kemendikbud. (2021b). Program Sekolah Penggerak.

Kemendikbud. (2021c). Program Sekolah Penggerak (PSP).

Manullang, Marihot dan Pakpahan, Manuntun. (2014). Metodologi Penelitian (Proses Penelitian Praktis). Cetakan Pertama. Citapustaka Media. Bandung.

Rusmini. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA)..




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License